Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Update Pilot Susi Air Disandera, KKB Papua Bantah Minta Tebusan Rp 5 M hingga Lokasi Kapten Phillip

Update informasi Pilot Susi Air, Kapten Phillip Mark Mehrtens, yang disandera KKB Papua. Bantahan tebusan Rp 5 miliar hingga kondisi keberadaan.

Penulis: Wahyu Gilang Putranto
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in Update Pilot Susi Air Disandera, KKB Papua Bantah Minta Tebusan Rp 5 M hingga Lokasi Kapten Phillip
Tribun-Papua.com/Istimewa
Pasukan KKB bersama Pilot Pesawat Susi Air Philips Mark Methrtens di hutan Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan, beberapa waktu lalu. KKB Papua membantah minta uang tebusan Rp 5 miliar. 

TRIBUNNEWS.COM - Nasib Pilot Susi Air, Kapten Phillip Mark Mehrtens, yang disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua masih dipertanyakan.

Sebelumnya, beredar kabar KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya meminta tebusan untuk Kapten Phillip berupa pengakuan kemerdekaan hingga uang sebesar Rp 5 miliar.

Namun, Egianus Kogoya membantah terkait permintaan tebusan Rp 5 miliar untuk pembebasan pilot Susi Air.




Kabar itu disampaikan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) wilayah Nduga.

Dilansir Tribun-Papua.comSenin (10/7/2023), Egianus Kogoya menyampaikan pernyataannya melalui video berdurasi sekitar 2 menit.

Dalam video yang diterima Tribun-Papua.com, Egianus Kogoya juga menegaskan pihaknya hanya ingin kemerdekaan Papua sebagai syarat pembebasan Pilot Susi Air tersebut.

"Saya tangkap pilot itu hanya mau merdeka. Saya tidak pernah minta uang tebusan seperti berita yang beredar," kata Egianus Kogoya dalam video yang didapat dari Juru Bicara TPNPB-OPM, Sebby Sambom.

BERITA TERKAIT

"Kalau Papua tidak merdeka, kami tidak akan menyerahkan pilot. Jadi soal permintaan Rp 5 miliar dari Kodap III itu omong kosong," imbuhnya.

Baca juga: Wakil Ketua Umum Partai Garuda Minta ke Depan Tak Perlu Lagi Bernegosiasi dengan KKB

Sementara itu, Sebby Sambom sebelumnya mengatakan pihaknya telah siap membebaskan Pilot Susi Air.

Tetapi, adanya informasi yang keliru membuat mereka akan tetap menyandera Kapten Phillip.

"Oleh karena itu, kami harus kerja keras lagi untuk lobi Panglima Egianus Kogoya dan pasukannya supaya pilot asal Selandia Baru itu bisa diselamatkan," ujar Sebby.

Diketahui, pilot Susi Air tersebut disandera oleh KKB Papua sejak 7 Februari 2023.

Lokasi Keberadaan Pilot Susi Air

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya saat menyebar foto dan video kondisi pilot Susi Air Capten Philip Mark Mehrtens.
Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya saat menyebar foto dan video kondisi pilot Susi Air Capten Philip Mark Mehrtens. (Ist/Tribun Papua)

Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur Papua Pegunungan, Nikolaus Kondomo, mengatakan pilot Susi Air Kapten Phillip diduga masih berada di wilayah Nduga.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas