Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Survei LSI Erick Thohir Teratas, PAN Yakin Capres yang Pilih Erick akan Menang

Elektabilitas Erick Thohir sebagai pilihan cawapres tergolong paling tinggi, baik untuk simulasi 24 nama, 12 nama maupun tujuh nama.

Penulis: Galuh Widya Wardani
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Survei LSI Erick Thohir Teratas, PAN Yakin Capres yang Pilih Erick akan Menang
Warta Kota/YULIANTO
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (kiri), Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir (tengah) dan Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia Shinta Kamdani (kanan) saat menghadiri acara peluncuran Trade Expo Indonesia ke-38 yang mengangkat tema 'Sustainable Trade for Global Economic Resilience’ di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Senin (10/7/2023). Peningkatan ekspor produk-produk Indonesia merupakan upaya yang harus dikawal bersama. Oleh karena itu, Kementerian Perdagangan terus berkomitmen mendorong peningkatan ekspor produk-produk Indonesia, termasuk produk usaha kecil dan menengah (UKM). Warta Kota/YULIANTO 

TRIBUNNEWS.COM - Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei cawapres periode 1-8 Juli 2023.

Dari perolehan LSI, Menteri BUMN Erick Thohir berada di posisi teratas.

Elektabilitas Erick Thohir sebagai pilihan cawapres tergolong paling tinggi, baik untuk simulasi 24 nama, 12 nama maupun tujuh nama.

Dalam simulasi tujuh nama cawapres, elektabilitas Erick Tohir sebesar 21,2 persen, disusul Ridwan Kamil 19,6 persen, Sandiaga Uno 17,5 persen dan Agus sarimurti Yudhoyono 10,8 persen.

Dan tiga nama lain elektabilitasnya di bawah 10 persen.

Baca juga: Erick Thohir: Geliat Bandara Kertajati Akan Naik Pasca Didapuk Layani Penerbangan Haji dan Umrah

Direktur ERksekutif LSI, Jayadi Hanan menilai, endorsement Presiden Joko widodo (Jokowi) juga berpengaruh bagi sosok cawapres.

Menurutnya, publik akan melihat sosok bakal cawapres yang terasosiasi dengan Jokowi.

BERITA TERKAIT

Respons PAN

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto menilai Erick Thohir sosok yang sangat potensial menjadi cawapres.

Bahkan Wakil Ketua MPR RI itu beranggapan, siapapun yang menerima Erick Thohir sebagai cawapres kemungkinan akan menang di Pilpres 2024.

"Tentu kami serukan Erick Thohir karena kami meyakini siapapun yang ambil Erick Thohir insya Allah akan menang," ucap Yandri, Selasa (11/7/2023).

Kendati demikian, hingga kini PAN secara internal masih menggodok untuk menentukan siapa sosok yang akan didukung dalam kontestasi Pilpres 2024 mendatang.

Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan kata sambutan saat pembekalan dan pelepasan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Jakarta, Senin (10/7/2023). Pada acara tersebut dilakukan pelepasan 120 PMI Korea Selatan dan 600 perelim dalam program kerjasama Government to Government (G to G) di sektor finishing dan manufaktur. Warta Kota/YULIANTO
Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan kata sambutan saat pembekalan dan pelepasan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Jakarta, Senin (10/7/2023). Pada acara tersebut dilakukan pelepasan 120 PMI Korea Selatan dan 600 perelim dalam program kerjasama Government to Government (G to G) di sektor finishing dan manufaktur. Warta Kota/YULIANTO (Warta Kota/YULIANTO)

Bahkan PAN kata Yandri sudah mendorong nama Erick Thohir kepada Gerindra yang diketahui sudah pasti akan mengusung Prabowo Subianto sebagai capres.

"Saya secara terbuka menyampaikan kalau ketika merespons Gerindra mengajak PAN secara terbuka bahkan saat kunjungan Gerindra ke PAN ya kami gamblang tidak ada yang kami tutupi kami mengajukan Erick Thohir," jelas Yandri.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas