Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Briptu Tiara Nissa, Polwan Indonesia yang Jadi Lulusan Terbaik Akademi Kepolisian di Turki 

Briptu Tiara Nissa Zulbida, Polwan dari Pasuruan dinobatkan sebagai lulusan terbaik dari Akademi Kepolisian Turki, berikut profilnya.

Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Briptu Tiara Nissa, Polwan Indonesia yang Jadi Lulusan Terbaik Akademi Kepolisian di Turki 
Dok. PPI Turki
Polisi Wanita asal Pasuruan, Jawa Timur, Briptu Tiara Nissa Zulbida maju mewakili seluruh peserta didik Internasional yang datang dari 16 negara. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Briptu Tiara Nissa Zulbida ramai jadi buah bibir karena prestasinya.

Dia dinobatkan sebagai lulusan terbaik dari Akademi Kepolisian Turki, Rabu (26/7/2023).

Diketahui Briptu Tiara Nissa Zulbida, merupakan Polwan dari Pasuruan, Jawa Timur.




Tiara Nissa Zulbida atau yang akrab disapa Nissa merupakan lulusan dari Sekolah Kejuruan Polisi Akademi Kepolisian Golbasi, Turki.

Nissa memulai pendidikan program Capacity Building "Pelatihan Kapolri Tingkat Pertama dan Magister Non Skripsi" pada 2021.

Hingga ia kemudian berhasil menyelesaikan pendidikannya pada tahun 2023.

Baca juga: 3 Personel Polri Selesaikan Pendidikan Selama 2 Tahun di Turkish National Police Academy

Kini, Briptu Tiara Nissa Zulbida meraih peringkat 5 besar dan berhasil maju sebagai perwakilan 87 siswa tamu dari 16 negara di dunia.

BERITA TERKAIT

Terpilihnya Nissa sebagai salah satu yang terbaik tentunya membanggakan nama Indonesia.

Tak tanggung-tanggung, Tiara Nissa berkesempatan menjadi orang pertama yang menyampaikan pidato di depan Presiden Republik Turki Recep Tayyib Erdogan dan seluruh tamu undangan upacara wisuda.

"Bapak Presiden yang saya hormati, kami datang ke Akademi Kepolisian Turki ini dari 16 Negara yang berbeda namun memiliki mimpi dan tujuan yang sama yaitu untuk dapat melayani negara kami dengan loyalitas dan kesuksesan," ucap Nissa dalam pidatonya dilansir dari keterangan resmi PPI Turki, Dikutip dari Kompas.com, Jumat (28/7/2023).

Program kelulusan yang diselenggarakan oleh Akademi Kepolisian Turki ini juga dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri Republik Turki Ali Yerlikaya, Kepala Kepolisian Republik Turki Erol Ayyildiz, hingga Duta Besar dan Atase Kepolisian dari Negara tamu undangan yang termasuk salah satunya Duta Besar Republik Indonesia untuk Turki, Lalu M Iqbal.

Nissa menyampaikan bahwa peran dari setiap lulusan Akademi Kepolisian Turki sangatlah penting untuk bisa membawa nilai-nilai kebudayaan serta visi dan misinya untuk dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada bangsa dan negaranya masing-masing.

"Selama ini kami menerima pelatihan dari Akademi Kepolisian Turki yang dipersiapkan secara profesional dan berkesempatan untuk dapat mengadopsi budaya beserta visi dan misinya yang akan memberikan kontribusi bagi kami dan masyarakat," lanjut Nissa.

kegiatan Turkish National Police Academy (TNPA) Graduation Ceremony resmi ditutup oleh Presiden Erdogan. Terdapat 87 peserta didik internasional yang turut diwisuda, 3 orang di antaranya adalah personel Polri yang telah mengikuti kegiatan capacity building
kegiatan Turkish National Police Academy (TNPA) Graduation Ceremony resmi ditutup oleh Presiden Erdogan. Terdapat 87 peserta didik internasional yang turut diwisuda, 3 orang di antaranya adalah personel Polri yang telah mengikuti kegiatan capacity building "The First Level Police Chief Training and The Non Thesis Master Degree" selama 2 tahun. (Ist)

Erdogan secara langsung memberikan cinderamata kelulusan kepada Nissa sebagai salah satu peserta didik terbaik dan menitipkan salamnya untuk Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

"Benden Widodo’ya Selam, Endonezya’ya Selam," ucap Erdogan yang artinya sampaikan salam dari saya untuk Bapak Joko Widodo dan salam untuk Indonesia.

Diketahui, selain Briptu Tiara, ada dua personel Polri lainnya yang menempuh pendidikan yang sama, yakni Ipda Regina Setiawan dari Polda Kepri, Bripka Hilman Lasmana dari Polda Jawa Barat.

Selanjutnya ketiga personel tersebut direncanakan akan kembali ke Indonesia pada tanggal 29 Juli 2023.

Artikel ini telah tayang di TribunSumsel.com dengan judul Profil Briptu Tiara Nissa Polisi Indonesia Dinobatkan Lulusan Terbaik Akademi Kepolisian di Turki

Sumber: Tribun Sumsel
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas