Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kejar Pemberkasan Kejaksaan Bakal Abaikan Pemeriksaan Eks Mendag M Lutfi Terkait Kasus Minyak Goreng

Kesaksian mantan Menteri Perdagangan (Mendag), Muhammad Lutfi terkait perkara korupsi pemberian fasilitas ekspor CPO serta produk turunannya

Penulis: Ashri Fadilla
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Kejar Pemberkasan Kejaksaan Bakal Abaikan Pemeriksaan Eks Mendag M Lutfi Terkait Kasus Minyak Goreng
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Kejar Pemberkasan Kejaksaan Bakal Abaikan Pemeriksaan Eks Mendag M Lutfi Terkait Kasus Minyak Goreng 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kesaksian mantan Menteri Perdagangan (Mendag), Muhammad Lutfi terkait perkara korupsi pemberian fasilitas ekspor CPO serta produk turunannya, termasuk minyak goreng takkan dikejar oleh tim penyidik Kejaksaan Agung.

Pihak Kejaksaan Agung pun sudah mengetahui bahwa Lutfi sedang berada di luar negeri. Oleh sebab itu, tak mudah untuk meminta keterangannya terkait perkara ini.

"Kalau umpama bisa ditinggal (keterangannya), karena beliau diluar kan," kata Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung, Febrie Adriansyah kepada Tribunnews.com, Jumat (4/8/2023).

Alasan kesaksian M Lutfi akan diabaikan begitu saja, karena Kejaksaan sedang berupaya mengebut pemberkasan perkara ini atas nama tiga tersangka korporasi: Wilmar Group, Permata Hijau Group, dan Musim Mas Group.

Secara teknis, menurut Febrie, nantinya jaksa dapat membuat nota pendapat bahwa pembuktian telah cukup terkait tiga tersangka korporasi tersebut.

"Yang jelas anak-anak saya suruh percepat pemberkasan untuk masing-masing korporasi. Kalau seandainya kan Pak Lutfi gak dateng tuh, sampai sebatas mana korporasi ini diyakini, akan segera kita sidangkan," katanya.

Sebelumnya, tim penyidik Jampidus Kejaksaan Agung mengungkapkan bahwa eks Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi telah dijadwalkan untuk diperiksa sebagai pada Rabu (2/8/2023).

BERITA REKOMENDASI

"Kalau di surat panggilan kami, Lutfi besok, Hari Rabu," ujar Kasubdit Penyidikan Direktorat Penyidikan Jampidsus Kejaksaan Agung, Haryoko Ari Prabowo kepada Tribunnews.com, Selasa (1/8/2023) malam.

Surat pemanggilan M Lutfi pun sudah dikirim sejak Kamis (27/7/2023).

Pengiriman surat pemanggilan itu tak sampai sepekan setelah mantan atasannya, Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto diperiksa terkait perkara yang sama, yaitu pada Senin (24/7/2023).

Saat itu Airlangga telah dicecar 46 pertanyaan selama 12 jam oleh tim penyidik.

Belum dapat dibeberkan lebih lanjut materi pemeriksaan Airlangga Hartarto pada hari tersebut.

Namun dipastikan, satu di antaranya mengenai kebijakan semasa kelangkaan produk CPO dan turunannya di pasar domestik.

"Yang jelas, inti pemeriksaan kami untuk mengetahui sejauh mana tindakan penanggulangan dari Kementerian Koordinator Perekonomian dalam rangka mengatasi kelangkaan minyak goreng," ujar Direktur Penyidikan pada Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus pada Jaksa Agung Muda Bidan Tinda Pidana Khusus (Dirdik Jampidsus) Kejaksaan Agung, Kuntadi dalam konferensi pers Senin (24/7/2023).

Baca juga: Penyidik Kejaksaan Agung Jadwalkan Pemeriksaan Eks Mendag M Lutfi Hari Ini

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas