Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Andi Arief Duga Surya Paloh Digadang Jadi Cawapres Anies Baswedan

Ketua Umum Partai NasDem itu sedang diuji dan disurvei oleh salah satu pimpinan partai Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP).

Penulis: Fersianus Waku
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Andi Arief Duga Surya Paloh Digadang Jadi Cawapres Anies Baswedan
WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN
Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh didampingi sejumlah pengurus partai menggelar jumpa pers terkait penahanan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate oleh Kejaksaan Agung (Kejagung), di NasDem Tower, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (17/5/2023). Partai NasDem menyerahkan sepenuhnya kepada proses hukum yang sedang berjalan. Sebelumnya, Kejaksaan Agung menetapkan Menkominfo, Johnny G Plate sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi proyek penyediaan infrastruktur BTS 4G infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, 5 Bakti Kominfo tahun 2020-2022 yang merugikan negara hingga mencapai Rp 8 triliun. WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN 

Andi Arief Duga Surya Paloh Digadang Jadi Cawapres Anies

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fersianus Waku

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrat, Andi Arief menduga Surya Paloh digadang-gadang akan menjadi bakal calon wakil presiden Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Menurut Andi, nama Ketua Umum Partai NasDem itu sedang diuji dan disurvei oleh salah satu pimpinan partai Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP).

"Dugaan saya, ada nama yang sedang diuji di survei oleh salah satu pimpinan partai Koalisi Perubahan sebagai cawapres," kata Andi dalam cuitannya di Twitter, Rabu (9/8/2023).

Andi meminta Anies segera menjelaskan wacana itu apabila Surya Paloh akan menjadi cawapres.

"Jika benar nama itu nama Pak Surya Paloh maka harus dijelaskan saat ini oleh Pak @aniesbaswedan," ucap Andi Arief.

BERITA TERKAIT

Adapun sejauh ini beberapa tokoh yang digadang-gadang menjadi cawapres Anies yakni Yenny Wahid, Khofifah Indar Parawansa.

Kemudian Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Susi Pudjiastuti hingga Ahmad Heryawan (Aher).

Nasdem Tidak Buru-buru

Sementara itu, Sekretaris Jenderal  (Sekjen) Partai NasDem Hermawi Taslim menyebut pihaknya tidak mau terburu-buru mengumumkan calon wakil presiden (cawapres) pendamping Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Ia menyatakan bahwa tidak adanya alasan yang mendesak untuk mengumumkan cawapres Anies. Sebab, pendaftaran capres dan cawapres pun belum dibuka oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Tidak ada alasan-alasan yg mendesak untuk terburu-buru mengumumkan cawapres karena toh pendaftaran juga belum dibuka oleh KPU," kata Hermawi saat dikonfirmasi, Rabu (9/8/2023).

Lebih lanjut, Hermawi menambahkan pihaknya masih memiliki waktu yang panjang sebelum pendaftaran KPU ditutup.

"Itu bagus untuk memberi kami waktu yang panjang berpikir dan menimbang-menimgang kandidat yang tepat," tukasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas