Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

VIDEO Polisi Libatkan Ahli Digital Forensik Periksa CCTV Hotel TKP Pelecehan Miss Universe Indonesia

"Kita akan cek, kemudian juga kita akan melibatkan beberapa ahli terkait dengan delik yang terjadi ini, termasuk digital forensik," ucap Hengki.

Editor: Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Penyidik Polda Metro Jaya masih mengusut kasus dugaan pelecehan seksual yang dialami para finalis Miss Universe Indonesia 2023.

Para finalis Miss Universe Indonesia 2023 mengungkap diminta tampil tanpa busana saat menjalani sesi pemeriksaan tubuh atau body checking di ballroom salah satu hotel di Jakarta.

Dikutip dari TribunJakarta.com, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi mengatakan, penyidik telah mendatangi tempat kejadian perkara (TKP).

Dari hasil pengecekan, polisi menemukan sejumlah CCTV yang terpasang di ballroom hotel tempat para kontestan Miss Universe melakukan body checking.

"Dan pengecekan TKP juga ternyata di sana ada CCTV," kata Hengki kepada wartawan, Sabtu (12/8/2023).

Namun, lanjut Hengki, panitia Miss Universe Indonesia 2023 menyebut CCTV di ballroom hotel dalam kondisi mati.

"CCTV menurut keterangan panitia atau terlapor, CCTV dalam keadaan mati," ujar mantan Kapolres Metro Jakarta Pusat itu.

BERITA TERKAIT

Nantinya polisi akan memeriksa CCTV tersebut dengan melibatkan ahli digital forensik.

"Kita akan cek, kemudian juga kita akan melibatkan beberapa ahli terkait dengan delik yang terjadi ini, termasuk digital forensik," ucap Hengki.

Sementara itu, kuasa hukum korban, Mellisa Anggraini mengatakan, terdapat 30 finalis yang menjalani sesi body checking.

"Karena kan lumayan panjang pada proses dilakukan body checking, itu 30 orang loh. Itu bukan hal yang sifatnya parsial. Kalau oknum, paling cuma tiga, empat orang dilakukan. Tetapi ini dilakukan keseluruhan, masif," kata Mellisa kepada wartawan, Rabu (9/8/2023).

Oleh karena itu, Mellisa yang mewakili para korban meminta pertanggung jawaban dari pihak penyelenggara Miss Universe Indonesia 2023.

"Makanya kami tadi sudah sampaikan lebih jauh, apakah di dalam SOP di dalam perusahaan itu selama proses perhelatan Miss Universe sudah dilakukan benar atau belum. Mereka kompeten nggak? Benar nggak sudah punya lisensi dan lain lain? Itu kan hal-hal yang patut dipertanyakan," ujar dia.

Di sisi lain, ia mengatakan foto-foto tanpa busana finalis Miss Universe Indonesia 2023 dipotret menggunakan handphone (HP).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas