Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

VIDEO Wakil Presiden KH Maruf Amin Tegaskan Pemerintah Serius Tangani Polusi Udara di Jabodetabek

Maruf mengatakan Pemerintah telah menggunakan kendaraan listrik untuk transportasi umum, sebagai langkah perbaikan udara.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Srihandriatmo Malau
zoom-in VIDEO Wakil Presiden KH Maruf Amin Tegaskan Pemerintah Serius Tangani Polusi Udara di Jabodetabek
SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
ILUSTASI - Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat menyampaikan kuliah umum di Gedung Maspardi Akademi Angkatan Laut (AAL), Surabaya, Senin (6/2/2023). Kuliah umum tersebut mengangkat tema Masa Depan Bangsa Ditentukan Kesiapan Militer Yang Dilandasi Keimanan. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Presiden KH Maruf Amin mengatakan Pemerintah selama ini telah secara serius menanggulangi polusi udara di wilayah Jabodetabek.

"Saya kira pemerintah memang serius ya untuk mengatasi polusi udara di Jabodetabek ini ya," ujar Maruf di Istana Wapres, Jakarta, Senin (14/8/2023).

Diketahui kualitas udara Jabodetabek menjadi sorotan karena masuk kategori terburuk.

Maruf mengatakan Pemerintah telah menggunakan kendaraan listrik untuk transportasi umum, sebagai langkah perbaikan udara.

Dirinya mengajak masyarakat untuk menggunakan transportasi umum.

"Selain untuk kemudian supaya banyak menggunakan kendaraan umum, yang sekarang ini sudah mulai menggunakan bus-bus listrik ya," ucap Maruf.

Selain itu, Maruf mengatakan Pemerintah telah membuka ruang terbuka hijau yang dapat meminimalisir polusi.

BERITA REKOMENDASI

"Kemudian juga membuka ruang-ruang terbuka hijau, ruang hijau untuk apa namanya itu, dan juga mendorong masyarakat supaya juga menggunakan kendaraan listrik," jelas Maruf.

Menurut Maruf, selama ini kendaraan menjadi penyumbang solusi terbesar di Indonesia.

"Sebab polusi yang paling besar itu kan dari kendaraan, jadi ada melakukan perubahan. Dan terus dikaji hal-hal yang mungkin bisa lebih baik lagi," pungkas Maruf.

Seperti diketahui, Air Quality Index (AQI) per 14 Agustus 2023, mencatat Tangerang Selatan dan Jakarta mempunyai udara paling buruk.(Tribunnews.com/Fahdi Fahlevi)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas