Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pemerintah Anggarkan Rp 324,1 Triliun untuk Bidang Hukum dan Pertahanan Keamanan Pada 2024

Sri Mulyani Indrawati mengatakan unsur pertahanan dan keamanan menjadi sangat penting khususnya untuk tahun depan di mana Pemilu akan diselenggarakan.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Pemerintah Anggarkan Rp 324,1 Triliun untuk Bidang Hukum dan Pertahanan Keamanan Pada 2024
Tribunnews.com/Gita Irawan
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju saat Konferensi Pers RAPBN dan Nota Keuangan Tahun Anggaran 2024 di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak Jakarta pada Rabu (16/8/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah menganggarkan sebanyak Rp324,1 triliun untuk bidang hukum dan pertahanan keamanan pada 2024.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan unsur pertahanan dan keamanan menjadi sangat penting khususnya untuk tahun depan di mana Pemilu akan diselenggarakan.

Baca juga: Fokus pada Transformasi Sistem Kesehatan, Anggaran Kesehatan 2024 Disiapkan Rp 184,6 Triliun




Hal tersebut disampaikannya saat Konferensi Pers RAPBN dan Nota Keuangan Tahun Anggaran 2024 di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak Jakarta pada Rabu (16/8/2023).

"Oleh karena itu berbagai belanja untuk mendukung tugas Kepolisian, dan Kapolri ada di sini, dan untuk meningkatkan kemampuan pertahanan keamanan Indonesia terus kita dukung dengan alokasi Rp324,1 triliun," kata dia.

Alokasi anggaran tersebut naik sebesar 2,3 persen dari tahun 2023.

Baca juga: Jokowi Proyeksikan Anggaran Rp 108,8 Triliun untuk Ketahanan Pangan dalam RAPBN 2024

Ia mengatakan selama beberapa tahun terakhir alokasi anggaran untuk bidang hukum dan pertahanan keamanan di atas Rp300 triliun.

BERITA TERKAIT

"Terutama untuk mendukung alutsista, dan juga pengadaan kendaraan tempur, pengadaan alutsista dan untuk pemeliharaan dan perawatan berbagai alutsista yang sudah dibeli. Dan juga tentu saja untuk mendukung Pemilu 2024 terutama kepada Kepolisian Republik Indonesia," kata dia.

Dalam materi paparan yang ditampilkan, alokasi anggaran tersebut diperuntukan untuk sejumlah hal di antaranya pengadaan dan pemeliharaan alutsista, almatsus, atau alpalhankam.

Kemudian juga untuk dukungan pengamanan Pemilu 2024 dan IKN serta pelaksanaan operasional hukum dan pertahanan keamanan.

Baca juga: Jokowi Proyeksikan Anggaran Rp 108,8 Triliun untuk Ketahanan Pangan dalam RAPBN 2024

Selain itu, alokasi anggaran tersebut juga diperuntukan untuk modernisasi alutsista antara lain untuk pengadaan atau penggantian pesawat udara, pengadaan atau penggantian kendaraan tempur, dukungan pengadaan alutsista, dan pemeliharaan serta perawatan KRI, KAL, Alpung, dan Rantis atau Ranpur Matra Laut.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas