Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PDIP Wacanakan Duet Ganjar dengan Anies, Pengamat Ini Bilang Akan Saling Melengkapi

Wacana menduetkan Ganjar dan Anies berhembus saat politisi PDIP Said Abdullah menanggapi hasil survei yang dirilis Litbang Kompas.

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Choirul Arifin
zoom-in PDIP Wacanakan Duet Ganjar dengan Anies, Pengamat Ini Bilang Akan Saling Melengkapi
Kolase Tribunnews/dok. Kompas
Wacana menduetkan Anies Baswedan dengan Ganjar Pranowo kini terbuka untuk maju di Pilpres 2024. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Peneliti Indikator Politik Indonesia, Bawono Kumoro menanggapi adanya wacana menduetkan Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Menurutnya, kedua tokoh ini bisa menjadi paslon yang saling melengkapi.

"Dengan menduetkan keduanya pun sebagai upaya untuk saling melengkapi, sehingga Ganjar dan Anies seperti pasangan yang ideal," kata Bawono saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (22/8/2023).

Bawono juga menyebut, karakteristik Ganjar dan Anies merupakan sesama Gubernur yang mencolok di daerah masing-masing, dimana Ganjar memimpin Jawa Tengah dan Anies memimpin DKI Jakarta.

"Selain itu, Ganjar dan Anies memiliki pengalaman dalam memimpin daerah apabila berduet saling melengkapi satu sama lain," tuturnya.

Sebagai informasi, wacana menduetkan Ganjar dan Anies berhembus saat politisi PDIP Said Abdullah menanggapi hasil survei yang dirilis Litbang Kompas.

Dalam survei tersebut, elektabilitas Ganjar masih berada di atas Anies. Namun, Said menilai Anies bukan kompetitor.

Dia lantas bicara kalau keduanya dapat bergabung menjadi satu kekuatan di 2024 nanti.

BERITA REKOMENDASI

"Bagi kami, Anies Baswedan bukan kompetitor yang patut diremehkan. Beliau dengan Ganjar adalah sosok calon pemimpin yang cerdas. Keduanya sama sama dalam satu almamater, kampus terhebat di Indonesia, yakni Universitas Gajah Mada. Apalagi jika keduanya bisa bergabung menjadi satu kekuatan, tentu akan makin bagus buat masa depan kepemimpinan nasional kita ke depan, sama sama masih muda, cerdas, dan enerjik," ujar Ketua DPP PDIP itu kepada wartawan, Senin (21/8/2023).

Kode-kode bersatunya Anies dan Ganjar pun sudah pernah dilontarkan beberapa waktu yang lalu.

Baca juga: Ganjar dan Anies Kompak Jawab Tantangan BEM UI soal Debat di Kampus

Kode tersebut bahkan disampaikan sendiri oleh Ganjar saat bertemu Anies saat keduanya tampil satu panggung mengisi acara di kawasan Kuningan, Jakarta, 29 Juli 2023.

Saat bertemu, Ganjar dan Anies bersalaman. Sambil berkelakar, Ganjar melontarkan pertanyaan kepada awak media, "Kita cocok, enggak?"

Baca juga: Nasdem: Kemungkinan Ganjar dan Anies Bersatu Selalu Ada

Saat menjadi pembicara, Ganjar mengungkit cerita persahabatanya dengan Anies Baswedan sejak di Yogyakarta. Ia menyatakan telah bersahabat lama dengan Anies Baswedan.

"Mas Anies itu sahabat lama saya," ujar Ganjar.

Nasdem Tak Masalah Jika Anies Duet dengan Ganjar

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas