Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menimbang Dari Karier dan Pendidikan, Andika Perkasa Mengaku Cocok Jadi Menhan atau Mensesneg

Andika Perkasa mengatakan setelah pensiun dirinya punya keinginan meneruskan kariernya di bidang eksekutif atau pemerintahan.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Menimbang Dari Karier dan Pendidikan, Andika Perkasa Mengaku Cocok Jadi Menhan atau Mensesneg
Tribunnews/JEPRIMA
Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa berpose usai menjadi narasumber pada sesi wawancara khusus dengan Tribun Network di Studio Tribun, Jakarta Pusat, Rabu (23/8/2023). Pada kesempatan tersebut Andika Perkasa terang-terangan menyatakan mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024. Dirinya mengungkapkan bahwa Ganjar adalah sosok yang sangat pantas memimpin Indonesia di 2024. Tribunnews/Jeprima 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa mengatakan setelah pensiun dirinya punya keinginan meneruskan kariernya di bidang eksekutif atau pemerintahan.

Andika bahkan menyebut cocok jika ditempatkan di posisi Menteri Pertahanan, Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), atau bahkan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg).

Bukan tanpa alasan, Andika menilai posisi itu cocok karena ia juga punya pengalaman 40 tahun berdinas sebagai TNI, dan deretan gelar pendidikan yang berhubungan dengan bidang eksekutif.

"Kalau melihat latar belakang pendidikan saya kemudian pengalaman jelas Menteri Pertahanan cocok, Menkopolhukam cocok, kemudian Menpan RB cocok juga, dan Mensesneg bisa juga," kata Andika dalam wawancara eksklusif bersama Direktur Pemberitaan Tribun Network Febby Mahendra Putra, di Kantor Tribun Network, Palmerah, Jakarta, Rabu (23/8/2023).

Baca juga: Andika Perkasa Pastikan Coblos Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) ini diketahui menempuh pendidikan strata 1 (S1) manajemen, Universitas Terbuka.

Kemudian, ia juga melanjutkan pendidikan The Military College of Vermont, di Norwich University, National War College di National Defense University, dan Harvard University.

Andika juga melanjutkan pendidikannya ke jenjang strata 3 (S3) The Trachtenberg School of Public Policy and Public Administration, di The George Washington University, Amerika Serikat.

Baca juga: Pandangan Andika Perkasa Terkait Tiga Capres 2024, Sebut Satu Sosok yang Dianggap Mampu Pimpin RI

BERITA REKOMENDASI

Namun, jika nantinya ia mendapat amanah di luar bidang yang telah disebutkan, Andika tetap menyatakan siap dengan tugas apapun yang diberikan.

"Ya kalau saya memilih tugas apapun yang diberikan saya siap," kata dia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas