Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Polwan Tak Hanya 'Penghias' di Kantor, Polri Bakal Tambah Posisi Jabatan Perwira Tinggi Diisi Polwan

Polri berencana akan menambah posisi jabatan perwira tinggi (Pati) yang nantinya diisi oleh para polisi wanita (polwan).

Penulis: Abdi Ryanda Shakti
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Polwan Tak Hanya 'Penghias' di Kantor, Polri Bakal Tambah Posisi Jabatan Perwira Tinggi Diisi Polwan
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Polri berencana akan menambah posisi jabatan perwira tinggi (Pati) yang nantinya diisi oleh para polisi wanita (polwan). Hal tersebut bentuk komitmen dari Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang akan memberikan ruang setara bagi Polwan. Foto Polisi wanita menggunakan masker saat berlangsungnya Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day di Kawasan Patung Kuda, Jakarta, Minggu (27/8/2023). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdi Ryanda Shakti

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polri berencana akan menambah posisi jabatan perwira tinggi (Pati) yang nantinya diisi oleh para polisi wanita (polwan).

Ini merupakan bentuk komitmen dari Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang akan memberikan ruang setara bagi Polwan.

"Beliau memberikan kesempatan memberikan ruang yang equal bagi Polwan-Polwan yang memiliki prestasi untuk bisa mengembangkan diri," kata Asisten Kapolri Bidang SDM Irjen Dedi Prasetyo dalam keterangannya dikutip, Rabu (30/8/2023).

Mantan Kadiv Humas Polri ini mencontohkan dalam waktu dekat akan ada posisi jabatan Pati yang bisa diisi oleh Polwan, salah satunya adalah jabatan Wakapolda.

Baca juga: Kisah Polwan AKP Dhenda Jayanti Bertugas Saat Lebaran: Bangga dan Bahagia Layani Pemudik

"Ada beberapa jabatan yang dilaksanakan open biding Polwan juga kita ikutkan agar bisa mengikuti open biding dalam rangka pemenuhan jabatan tertentu yang hasilnya akan disampaikan," jelasnya.

Di sisi lain, Dedi juga menyebut ke depannya akan dibuka peluang promosi pendidikan bagi Polwan yang memiliki prestasi.

BERITA REKOMENDASI

Meski begitu, Dedi menekankan proses seleksi juga akan tetap mengutamakan kompetensi etik, teknis, hingga kepemimpinan.

"Kapolres sudah banyak Polwan, kemudian beberapa Pju di tingkat Polda juga sudah ada Polwan. Kedepannya Bapak Kapolri memang memerintahkan untuk coba dicarikan ruang jabatan untuk Polwan bisa dipromosikan," tuturnya.

Tujuannya, kata Dedi, agar tidak ada stigma untuk para Polwan yang hanya sekadar jadi 'penghias' di kantor melainkan bisa langsung bekerja dan memahami permasalahan di lapangan.

"Polwan bukan hanya sebagai penghias di kantor aja, teman Polwan juga harus turun ke lapangan juga biar merasakan bagaimana yang ada di lapangan itu," ujarnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas