Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Puan Singgung Pentingnya Sinergitas Parlemen-Pemerintah Saat Hadiri KTT ke-43 ASEAN

Puan menekankan pentingnya sinergitas Parlemen dan Pemerintah di kawasan Asia Tenggara dalam menghadapi situasi dan tantangan global.

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Puan Singgung Pentingnya Sinergitas Parlemen-Pemerintah Saat Hadiri KTT ke-43 ASEAN
Ist
Ketua DPR RI Puan Maharani. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani menghadiri pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di Jakarta. 

Puan menekankan pentingnya sinergitas Parlemen dan Pemerintah di kawasan Asia Tenggara dalam menghadapi situasi dan tantangan global.

Adapun KTT ke-43 ASEAN dibuka pagi ini oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Selasa (5/9/2023). 

Konferensi tertinggi di ASEAN itu diselenggarakan sejak tanggal 5 hingga 7 September mendatang.

"Situasi dunia saat ini masih dihadapkan pada fragmentasi antar negara, ketegangan dan konflik geopolitik, ketimpangan sosial dan ekonomi, kemiskinan, kriminalitas lintas negara, tren pelambatan pertumbuhan ekonomi global, ancaman perubahan iklim yang semakin berdampak," kata Puan.

Puan menilai dibutuhkan kerja sama antara pemerintah dengan Parlemen dalam menjalankan diplomasi regional dan global. 

Dia mengatakan, hal tersebut demi menghadapi tantangan-tantangan yang ada.

BERITA TERKAIT

“Sinergi antara Pemerintah dan Parlemen adalah kunci dalam menjawab tantangan global yang semakin kompleks,” ujarnya.

Puan mengatakan kolaborasi antara lembaga eksekutif dan legislatif diperlukan untuk menghadapi tantangan global seperti perubahan iklim, ketidakstabilan ekonomi, dan masalah keamanan. 

Dia pun merujuk pada beberapa langkah konkret yang telah diambil dalam kerja sama sebelumnya.

“Bagaimana selama ini DPR RI berperan dalam mendukung kebijakan luar negeri pemerintah Indonesia, termasuk dukungan terhadap kebijakan-kebijakan yang mendukung ASEAN sebagai blok yang solid dan bersatu,” sebut Puan.

Ditambahkannya, sinergi antara DPR RI dan Pemerintah tentunya mencakup dalam hal diplomasi regional. Seperti, kata Puan, dengan partisipasi aktif Parlemen Indonesia dalam berbagai forum internasional, termasuk ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) yang telah menjadi platform penting untuk mendiskusikan isu-isu penting di kawasan ASEAN.

Baca juga: Buka KTT ASEAN Ke-43 di Jakarta, Jokowi: Kesetaraan Jadi Nilai Utama yang Harus Dijunjung Tinggi

“Parlemen di seluruh negara anggota ASEAN memiliki tanggung jawab besar untuk berpartisipasi dalam perumusan kebijakan dan menjalankan peran pengawasan yang efektif. Hal ini akan memungkinkan ASEAN bersatu dalam menghadapi berbagai tantangan global,” tandasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas