Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bawa Dampak Positif bagi Warga Morowali Utara, PT GNI Konsisten Berbagi Manfaat di Berbagai Sektor

Selain menerapkan prosedur keamanan kerja, PT GNI juga kerap berupaya memberikan dampak positif bagi warga di Morowali Utara, Sulawesi Tengah.

Penulis: Matheus Elmerio Manalu
Editor: Anniza Kemala
zoom-in Bawa Dampak Positif bagi Warga Morowali Utara, PT GNI Konsisten Berbagi Manfaat di Berbagai Sektor
istimewa
Di luar sektor ketenagakerjaan melalui penerapan prosedur keamanan kerja PT GNI, perusahaan smelter terdepan di Indonesia ini senantiasa berupaya memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat Morowali Utara (YouTube PT GNI) 

TRIBUNNEWS.COM - Selain bertanggung jawab kepada seluruh karyawan, perusahaan di industri smelter juga perlu menunjukkan kepeduliannya terhadap warga sekitar kawasan operasional perusahaan. Hal inilah yang dilakukan PT GNI (Gunbuster Nickel Industry). 

Selain menerapkan prosedur keamanan kerja PT GNI, perusahaan smelter terdepan di Indonesia ini juga kerap berupaya memberikan dampak positif bagi warga sekitar di Morowali Utara, Sulawesi Tengah. 

Tidak terbatas pada shareholder dan stakeholder, perusahaan memang punya kewajiban untuk berdampak positif bagi kehidupan bermasyarakat di sekitar wilayah operasional perusahaan. Kewajiban ini biasa kita kenal dengan istilah CSR (Corporate Social Responsibility) atau ada juga yang menyebut dengan TJSL (Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan). 




Kewajiban CSR untuk perusahaan Indonesia juga tertuang dalam Pasal 74 UU PT yang menjelaskan bahwa pelaku usaha yang menjalankan kegiatan usaha di bidang dan/atau berkaitan dengan sumber daya alam wajib melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan, yang tidak terbatas pada sektor ekonomi, tapi juga pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan lainnya yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar. 

Karena itulah, PT Gunbuster Nickel kerap berupaya untuk menghadirkan dampak positif atas kehadirannya kepada warga Morowali Utara, Sulawesi Tengah. Selain di bidang ketenagakerjaan, seperti penyerapan tenaga kerja yang lebih banyak, perusahaan juga menjalankan tanggung jawab sosial dan lingkungan di sektor lain, seperti pendidikan, ekonomi, kesehatan dan lainnya.

CSR PT GNI di bidang kesehatan

Warga Morowali Utara baru-baru ini kembali merasakan dampak positif atas kehadiran perusahaan smelter ini di daerah mereka, lewat pelaksanaan program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan di bidang kesehatan dengan menggandeng PT Stardust Estate Investment (SEI). 

BERITA TERKAIT

Pelaksanaan CSR PT GNI di bidang kesehatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat terkait kesehatan, terutama dalam edukasi dan pengendalian Penyakit Tidak Menular. Kegiatan ini diadakan di beberapa desa sekitar wilayah industri smelter, yakni Desa Bunta, Desa Bungintimbe dan Desa Tanauge pada 21, 24 dan 26 Agustus 2023 lalu. 

Kepedulian perusahaan di bidang kesehatan yang mengusung tema ‘Masyarakat Sehat, Desa Sejahtera’ ini meliputi pemeriksaan kesehatan gratis bagi penduduk di ketiga desa tersebut. Head of Corporate Communication GNI Mellysa Tanoyo menegaskan CSR ini merupakan bukti nyata perusahaan tak hanya aktif membangun sektor ekonomi, sosial dan infrastruktur di sekitar kawasan operasional industri. 

“Kegiatan ini menjadi bukti nyata bahwa PT Gunbuster Nickel dan PT SEI memiliki perhatian besar terhadap pembangunan masyarakat yang berkelanjutan, dimulai dengan meningkatkan kesadaran masyarakat terkait kesehatan, terutama melalui edukasi dan pengendalian PTM,” ungkap Mellysa.

Kepedulian PT GNI terhadap pendidikan di Morowali Utara

PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) menyelenggarakan CSR
Perusahaan smelter nikel PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) menyelenggarakan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dengan memberikan bantuan pendidikan di SMP Alkhairaat, Bungintimbe, Petasia Timur, Morowali Utara. (gunbusternickelindustry.com)

Kepedulian PT GNI juga ditunjukkan di bidang pendidikan. Pada tahun 2022 kemarin, perusahaan smelter terdepan di Indonesia ini menyelenggarakan kegiatan CSR lewat pemberian bantuan pendidikan di SMP Alkhairaat, Bungintimbe, Petasia Timur, Morowali Utara.

Dalam kegiatan tersebut, PT Gunbuster Nickel menyerahkan 90 buku mata pelajaran Bahasa Inggris, 30 Kamus Inggris-Indonesia terbaru dan WiFi Orbit Max, yang diharapkan mampu menyediakan fasilitas yang dibutuhkan para siswa dan guru untuk kegiatan belajar mengajar dalam rangka mengembangkan pengetahuan bahasa asing mereka.

Perwakilan dari PT GNI menyampaikan, kegiatan CSR tersebut digagas sebagai wujud kepedulian perusahaan untuk berkontribusi pada masyarakat di Morowali Utara lewat bidang pendidikan. 

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas