Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pemilihan Perguruan Tinggi jadi Faktor Lulusan Bisa Berkarier di Kancah Internasional

Perguruan tinggi memiliki pengaruh besar bagi para lulusan untuk dapat berkarier di kancah internasional. Dalam bersaing pada lingkup global.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Pemilihan Perguruan Tinggi jadi Faktor Lulusan Bisa Berkarier di Kancah Internasional
Pexels.com/ThisIsEngineering
Ilustrasi belajar untuk masuk perguruan tinggi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perguruan tinggi memiliki pengaruh besar bagi para lulusan untuk dapat berkarier di kancah internasional.

Dalam bersaing pada lingkup global, generasi muda harus mempersiapkan diri dengan mengembangkan kompetensi yang relevan.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipersiapkan oleh generasi muda dalam bersaing di kancah internasional:

Gelar dan kompetensi

Semakin tinggi tingkat pendidikan yang dicapai, semakin besar pula peluang untuk sukses di dunia kerja. Gelar dari perguruan tinggi adalah langkah awal yang penting.

Salah satu inovasi yang dapat dilakukan oleh perguruan tinggi adalah program internasional seperti Dual Degree.

Memiliki dua gelar akademik memberikan pengalaman yang lebih beragam dan wawasan yang lebih luas, tentunya hal ini akan membuat seseorang lebih menarik bagi perusahaan ketika melamar pekerjaan.

Kemampuan berbahasa inggris

BERITA TERKAIT

Di era globalisasi ini, kemampuan berbahasa asing khususnya bahasa Inggris sangat penting.

Menguasai bahasa inggris dapat menjadi bekal untuk bersaing secara global dan memberikan nilai tambah dalam mencari pekerjaan.

Kemampuan adaptasi dan bersosialisasi

Seseorang yang mampu beradaptasi dan membawa diri dengan baik, memiliki kesempatan yang lebih besar untuk membangun karier dan relasi.

Hal ini dapat dicapai melalui partisipasi aktif dalam kegiatan perkuliahan, organisasi, maupun acara universitas berskala nasional dan internasional.

Baca juga: Kisah Pemuda Pulau Rote Meniti Cita-cita Lewat Beasiswa UPH

Pengalaman internasional

Masa kuliah adalah waktu yang paling tepat untuk mengumpulkan pengalaman. Selain berpartisipasi dalam kegiatan kampus, pengalaman internasional seperti pertukaran pelajar atau belajar di luar negeri memberikan wawasan berharga dan mempersiapkan diri untuk masa depan.

UPH menghadirkan beragam program khusus (Special Program) yang sesuai dengan kebutuhan, yakni International Class, Bundling Program, dan Program Dual Degree UPH.

Melalui International Class, para mahasiswa bisa bersaing secara global melalui kurikulum berstandar internasional dan perkuliahan yang dijalankan sepenuhnya dalam bahasa Inggris.

Sementara Bundling Program dapat mendorong mahasiswa berkomitmen untuk mengambil studi S2 setelah lulus program S1.

Sementara Program Dual Degree UPH membekali mahasiswa dengan kemampuan Bahasa Inggris, perspektif internasional, dan kesempatan untuk mengembangkan diri dalam konteks lingkungan internasional. 

UPH berkomitmen untuk menghasilkan lulusan program Dual Degree yang kompeten, unggul, serta mampu berkontribusi secara nyata di lingkungan pendidikan dan pelayanan kepada masyarakat.

Hal ini turut dirasakan oleh Giovani F. Setiawan, yang kini menjalani kariernya sebagai Chief Operating Officer AGRO Group.

Baca juga: Kukuhkan Guru Besar Akuntansi, Rektor UPH Ungkap Pemanfaatan Artificial Intelligence

“Salah satu alasan mengapa saya memilih UPH adalah karena mereka menyediakan program Dual Degree ini. Menurut saya program ini adalah kesempatan luar biasa bagi diri saya sendiri yang ingin merasakan kehidupan di luar negeri. Sampai hari ini, saya masih bersyukur atas keputusan itu. Ini bukan hanya sekadar pengalaman yang luar biasa, tetapi lebih dari itu, yakni membuka mata dan mengubah hidup saya,” kata Giovani dalam keterangan yang diterima, Senin (18/9/2023).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas