Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kaesang Gabung PSI, Politisi Senior PDIP: Tak Langgar Peraturan, Dia Bukan Lagi Keluarga Inti Jokowi

Lantas, bagaimana aturan PDI Perjuangan (PDIP) soal larangan satu keluarga beda partai politik?

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Kaesang Gabung PSI, Politisi Senior PDIP: Tak Langgar Peraturan, Dia Bukan Lagi Keluarga Inti Jokowi
Tribun Solo/Ahmad Syarifudin
Kaesang Pangarep telah resmi diumumkan sebagai anggota baru Partai Solidaritas Indonesia (PSI). KTA-nya diserahkan di Solo, Sabtu (23/9/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep telah resmi bergabung menjadi kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Lantas, bagaimana aturan PDI Perjuangan (PDIP) soal larangan satu keluarga beda partai politik?

Menjawab hal itu, Politikus senior PDIP, Hendrawan Supratikno mengatakan pihaknya tidak masalah jika Kaesang menjadi kader PSI. Dia pun menyebut Kaesang juga tidak melanggar aturan PDIP.

Pasalnya, kata dia, Kaesang tidak lagi menjadi keluarga inti Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia bilang, Kaesang sudah menikah dan memiliki keluarga sendiri.

"Keluarga inti. Selama ini dimaknai sebagai suami, istri dan anak yang masih dalam tanggungan. Setahu saya Kaesang sudah membina dan menjadi kepala keluarga baru," kata Hendrawan saat dikonfirmasi, Sabtu (23/9/2023).

Di sisi lain, Hendrawan pun mengaku bakal segera mengajak Kaesang berbicara usai memutuskan resmi bergabung dengan PSI. Dia bakal berbicara hati ke hati dengan Kaesang.

BERITA REKOMENDASI

"Berarti sudah tidak perlu diperdebatkan lagi. Tinggal nanti kami konfirmasi ulang dari hati ke hati," katanya.

Lebih lanjut, Hendrawan mengatakan nantinya PDIP akan mendalami keputusan Kaesang menjadi kader PSI. Sebab, menurutnya pilihan anak muda seperti Kaesang menarik untuk dicermati.

"Tentu menarik mencermati pertimbangan dan perhitungan Mas Kaesang dalam konstelasi demokrasi dan transisi kepemimpinan nasional ke depan. Pandangan anak muda selalu menarik untuk disimak," tandas dia.

Adapun Kaesang sudah resmi menjadi anggota PSI sejak hari ini setelah mendapat kartu tanda anggota (KTA).

Penyerahan KTA PSI diberikan secara simbolik oleh Ketua Umum PSI Giring Ganesha ke Kaesang di kediaman Presiden Jokowi di Sumber, Banjarsari, Solo, Sabtu (23/9/2023).

Kaesang mengatakan sudah lama mengenal para tokoh di PSI, termasuk Giring yang sempat menjadi tamu podcast miliknya.

"Saya sebenarnya dengan teman-teman PSI sudah cukup lama. Sudah bertemu dengan Bro William, Bro Mongol, dengan Bro Ketum juga di podcast saya," kata Kaesang di lokasi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas