Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hari Kesaktian Pancasila Diperingati pada 1 Oktober, Ini Sejarah Singkatnya

Inilah sejarah peringatan Hari Kesaktian Pancasila, yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober, mulai dari awal mula kejadian hingga penumpasannya.

Penulis: Oktaviani Wahyu Widayanti
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Hari Kesaktian Pancasila Diperingati pada 1 Oktober, Ini Sejarah Singkatnya
Tribun Jogja
Ilustrasi Pancasila - Inilah sejarah peringatan Hari Kesaktian Pancasila, yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober, mulai dari awal mula kejadian hingga penumpasannya. 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut sejarah peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap 1 Oktober tiap tahunnya.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini diperingati dalam rangka mengingat momen atau insiden berdarah yaitu pembantaian terhadap 6 jenderal dan seorang kapten serta beberapa korban lainnya.




Kejadian ini dilatarbelakangi oleh peristiwa Gerakan 30 September 1965 lalu.

Mengutip dari kemdikbud, Peristiwa ini dikenal sebagai upaya kudeta Partai Komunis Indonesia untuk mengubah ideologi Pancasila dengan ideologi komunis. 

Untuk mengenang perjuangan para pahlawan yang telah gugur, maka rakyat Indonesia memperingati Hari Kesaktian Pancasila ini setiap tahunnya.

Baca juga: Contoh Pidato Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2023, Penuh Makna

Sejarah Hari Kesaktian Pancasila

BERITA TERKAIT

Mengutip dari kemdikbud.go.id, G30S menjadi tragedi yang kontroversial dan mengancam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Peristiwa G30S memakan banyak korban dari kalangan petinggi militer Indonesia, yang diduga dilakukan oleh Partai Komunis di Indonesia.

G30S terjadi karena adanya persaingan politik, karena PKI sebagai kekuatan politik merasa khawatir dengan kondsi kesehatan Presiden Soekarno yang memburuk.

Awal mulanya pada Agustus 1965, Presiden Soekarno tiba-tiba pingsan setelah berpidato, banyak pihak yang beranggapan bahwa usia beliau tidak akan lama lagi.

Kemudian, banyak pertanyaan muncul mengenai siapa pengganti Presiden Soekarno nantinya, dan ini menyebabkan persaingan semakin tajam antara Partai Komunis dengan TNI.

Peristiwa gerakan 30 September 1965 pada dasarnya berlangsung selama dua hari, yaitu pada tanggal 30 September 1965 dan tanggal 1 Oktober 1965.

Tanggal 30 September adalah saat kordinasi dan persiapan dilakukan, kemudian pada tanggal 1 Oktober 1965 dini hari inilah terjadi kegiatan pelaksanaan penculikan dan pembunuhan.

Baca juga: 35 Link Twibbon Hari Kesaktian Pancasila 2023, Lengkap dengan Cara Mudah Unggah di Media Sosial

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas