Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Prabowo dan Menhan Mohamad Bin Hasan Sepakat Jaga Perdamaian, Keamanan, dan Stabilitas di Perbatasan

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto selaku Indonesia selaku Ketua GBC Indonesia dan Menteri Pertahanan Malaysia Yang Terhormat Dato' Seri Utama.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Prabowo dan Menhan Mohamad Bin Hasan Sepakat Jaga Perdamaian, Keamanan, dan Stabilitas di Perbatasan
Tribunnews.com/Gita Irawan
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto selaku Indonesia selaku Ketua GBC Indonesia dan Menteri Pertahanan Malaysia Yang Terhormat Dato' Seri Utama Haji Mohamad bin Haji Hasan menyampaikan keteranga pers bersama di Hotel The St Regis Jakarta pada Kamis (12/10/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto selaku Indonesia selaku Ketua GBC Indonesia dan Menteri Pertahanan Malaysia Yang Terhormat Dato' Seri Utama Haji Mohamad bin Haji Hasan sepakat menjaga perdamaian, keamanan, dan stabilitas di perbatasan kedua negara.

Prabowo mengatakan kesepakatan tersebut dicapai dalam Pertemuan Malaysia-Indonesia General Border Committee (GBC MALINDO) ke-43 di Hotel The St Regis Jakarta pada Kamis (12/10/2023). 

"Saya selaku Menteri Pertahanan Indonesia dan Ketua GBC Indonesia, dan Menteri Pertahanan Malaysia dan Ketua GBC Malaysia yang terhormat Dato’ Seri Utama Haji Mohamad Bin Haji Hasan bersama-sama sepakat bahwa kami berkomitmen untuk menjaga perdamaian, keamanan dan stabilitas di sepanjang perbatasan kedua negara," kata Prabowo usai pertemuan.

Prabowo mengatakan pertemuan tersebut merupakan wadah bagi keduanya untuk membahas kerja sama operasional dan pelatihan bersama di wilayah perbatasan

Pertemuan tersebut, kata dia, juga menjadi platform bagi kedua negata untuk memperkuat kerja sama strategis yang telah terjalin antara Indonesia dan Malaysia serta mendorong kerja sama dalam rangka mencapai perdamaian dan keamanan di wilayah perbatasan.

Dalam pertemuan tersebut, kata dia, kedua pihak menghadirkan laporan mengenai kemajuan-kemajuan yang telah dicapai oleh lembaga-lembaga yang terlibat seperti High Level Committee (HLC), Coordinated Operation Control Committee (COCC), Joint Training Work Committee (Jawatan Kuasa Latihan Bersama atau JKLB) dan komite-komite lainnya.

BERITA REKOMENDASI

Prabowo mengaku bangga dengan capaian yang telah berhasil diraih dalam pertemuan tersebut.

"Salah satu capaian penting yang patut disoroti adalah keberhasilan mobilisasi patroli bersama antara instansi kedua negara melalui mekanisme coordinated patroli, patroli bersama antara kedua negara," kata dia.

"Langkah ini kami lakukan guna memerangi berbagai kejahatan lintas batas yang mengancam keamanan dan stabilitas di wilayah perbatasan," sambung dia.

Sementara itu, Mohamad Bin Hasan menyatakan sepakat kerja sama tersebut perlu diteruskan.

Hal tersebut, kata dia, perlu dilakukan untuk mengatasi berbagai masalah terkait keselamatan dan keamanan.

"Pada pertemuan kali ini selaku Pengerusi Bersama yang mewakili Malaysia dan Indonesia, kami bersetuju bahwa kerjasama di peringkat GBC MALINDO perlu diteruskan untuk mengatasi pelbagai masalah berkaitan keselamatan/keamanan dan yang penting ialah pembangunan sosio-ekonomi di kawasan sempadan," kata dia.

Ia mengatakan, perjanjian yang telah ditandangani Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam lawatannya ke Malaysia baru-baru ini juga menjadi prioritas.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas