Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

BMKG: Gempa Bumi 5,9 Magnitudo di Laut Banda Maluku Tak Berpotensi Tsunami

BMKG mengatakan kejadian gempa bumi yang terjadi di wilayah Laut Banda Maluku Barat Daya, Maluku, Kamis (26/10/2023) tak berpotensi tsunami.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Adi Suhendi
zoom-in BMKG: Gempa Bumi 5,9 Magnitudo di Laut Banda Maluku Tak Berpotensi Tsunami
Capture BMKG
Gempa bumi yang terjadi di wilayah Laut Banda Maluku Barat Daya, Maluku, Kamis (26/10/2023) pukul 12.44 WIB dengan magnitudo 5,9. 

Laporan wartawan tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan kejadian gempa bumi yang terjadi di wilayah Laut Banda Maluku Barat Daya, Maluku, Kamis (26/10/2023) pukul 12.44 WIB dengan magnitudo 5,9 tidak berpotensi tsunami.

Gempa bumi ini berdasarkan analisis BMKG terletak pada kedalaman 159 kilometer.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono dalam keterangannya, Kamis.

Daryono menerangkan gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Saumlaki dengan skala intensitas III-IV MMI atau bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah.

Adapun BMKG menyatakan jenis dan mekanisme gempa bumi ini merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya deformasi batuan dalam slab lempeng yang tersubduksi di bawah Laut Banda.

Baca juga: Gempa Terkini M 5,1 Guncang Laut Seram Sore Ini

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini memiliki mekanisme pergerakan Naik atau Thrust fault.

BERITA TERKAIT

BMKG pun mengimbau masyarakat setempat untuk tidak terpengaruh isu yang tak dipertanggung jawabkan kebenarannya, serta menghindaei bangunan yang retak atau rusak.

Baca juga: Pengiriman Bantuan Tertunda bagi Korban Gempa Bumi di Afganistan

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," kata Daryono.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas