Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Prabowo Buka ADMM Plus 2023: Hadir 8 Menteri Pertahanan Mitra ASEAN Termasuk AS, Tiongkok, dan Rusia

Sebelum pertemuan dimulai, Prabowo menyalami dan menyambut para pimpinan pertahanan negara tersebut.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Prabowo Buka ADMM Plus 2023: Hadir 8 Menteri Pertahanan Mitra ASEAN Termasuk AS, Tiongkok, dan Rusia
Tribunnews.com/Gita Irawan
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto membuka Pertemuan Menteri Pertahanan Se-ASEAN Plus delapan negara mitra ASEAN (ADMM Plus) ke-10 tahun 2023 di JCC Senayan Jakarta pada Kamis (16/11/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto membuka Pertemuan Menteri Pertahanan Se-ASEAN Plus delapan negara mitra ASEAN (ADMM Plus) ke-10 tahun 2023 di JCC Senayan Jakarta pada Kamis (16/11/2023).

Delapan negara tersebut antara lain Australia, Tiongkok, Jepang, Selandia Baru, Korea Selatan, India, Rusia, dan Amerika Serikat (AS).

Sebelum pertemuan dimulai, Prabowo menyalami dan menyambut para pimpinan pertahanan negara tersebut.

Dalam sambutannya, Prabowo mengatakan sebuah kehormatan baginya untuk bisa hadir bersama mereka untuk memulai langkah dalam upaya mempertahankan perdamaian dan stabilitas kawasan.

Baca juga: Prabowo Angkat Masalah Kemanusiaan di Palestina di Pertemuan Menteri Pertahanan Se-ASEAN 2023

Dalam semangat perdamaian, kemakmuran, dan keamanan yang menjadi  tema dari ADMM 2023, kata dia, pertemuan tersebut menunjukkan komitmen bersama dalam rangka meningkatkan dialog dan kerja sama di antara negara-negara ASEAN dan semua negara mitra dalam rangka menghadapi tantangan keamanan yang rumit dan terus berkembang.

Di bawah kerangka ADMM Plus, kata dia, para pihak bekerja sama dalam upaya kolektif untuk menghadapi tantangan tersebut secara efektif.

BERITA TERKAIT

Menghadapi tantangan-tantangan masa depan, kata dia, ADMM Plus menjadi platform untuk meningingkatkan kolaborasi dan kontribusi kita terhadap ketahanan dan keamanan wilayah kita. 

"Indonesia memandang berbagai persoalan keamanan di kawasan baik ancaman tradisional maupun non tradisional hanya dapat diselesaikan dengan kolaborasi global yang terbuka dan dilakukan dalam jangka panjang," kata Prabowo.

Ia berharap pembahasan hari ini dapat menciptakan hasil yang bermanfaat dan konstruktif untuk kepentingan bersama dalam prinsip-prinsip saling percaya dan kemitraan.

Prabowo juga berharap pertemuan hari ini dapat melampaui pencapaian-pencapaian di masa lalu melalui kerja sama yang mendalam dan mengupayakan cara-cara baru untuk berkolaborasi.

"Saya yakin kita akan menyelesaikan pertemuan dan pembahasan hari ini dengan sukses dan membuahkan hasil yang baik," kata dia.

Selain itu, ia juga menyambut Menteri Pertahanan Timor Leste yang hadir dalam forum ADMM Plus.

"Hal ini menunjukkan momentum yang penting dalam menindaklanjuti pedoman adopsi untuk penerapan status observer dalam ADMM, ADMM Plus, dan pertemuan-pertemuan terkait," kata dia.

Hadir dalam kegiatan itu Menteri Industri Pertahanan Australia Pat Conroy, Wakil Kepala Staf Gabungan Tiongkok Letjen Gen Jing Jianfeng, Menteri Pertahanan India Shri Rajnath Singh, dan Wakil Menteri Pertahanan Jepang Miyazawa Hiroyuki.

Selain itu, hadir pula Wakil Menteri Pertahanan Selandia Baru Richard Anthony Schmidt, Wakil Menteri Pertahanan Korea Selatan Kim Seonho, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Kolonel Jenderal Alexander Fomin, Menteri Pertahanan AS Lloyd James Austin III, dan Sekretaris Jenderal ASEAN Kao Kim Hourn.

Hadir juga pimpinan Kementerian Pertahanan dari negara-negara Asia Tenggara.

Mereka yang hadir di antaranya Menteri Pertahanan Brunei Darussalam Mayjen (Purn) Dato Paduka Seri Haji Awang Halbi bin Haji Mohd Yussof, Menteri Pertahanan Kamboja HE General TEA Seiha, Menteri Pertahanan Laos Jenderal Chansamone Chanyalath, dan Menteri Pertahanan Malaysia YB Dato’ Seri Utama Haji Mohamad Bin Haji Hasan.

Selain itu, Menteri Pertahanan Filipina Atty. Gilberto C. Teodoro, Jr., Menteri Pertahanan Singapura Dr. Ng Eng Hen, Menteri Pertahanan Thailand HE Sutin Klangsang, Menteri Pertahanan Vietnam Jenderal Phan Van Giang, dan Menteri Pertahanan Timor Leste Rear Admiral Prof. Dr. Donaciano Do Rosario Da Costa Gomes, PhD.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas