Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jokowi Akui Belum Ada Investor Asing Minat Investasi di IKN, Begini Alasannya

Meskipun demikian, Jokowi meyakini investor asing akan menanamkan modalnya dalam pembangunan IKN, terutama setelah investasi dari para pebisnis lokal

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Jokowi Akui Belum Ada Investor Asing Minat Investasi di IKN, Begini Alasannya
Sekretariat Presiden
Jokowi usai meninjau tol Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur, Rabu, (1/11/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dalam berbagai forum internasional, Presiden Joko Widodo (Jokowi) selalu mengajak investor asing menanamkan modal dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Namun, hingga kini belum ada satu pun investor asing yang mau menanamkan moda dalam pembangunan IKN.

"Sampai saat ini belum ada," kata Jokowi di San Francisco, Amerika Serikat, Kamis, (16/11/2023) waktu setempat.




Meskipun demikian, Jokowi meyakini investor asing akan menanamkan modalnya dalam pembangunan IKN, terutama setelah investasi dari para pebisnis lokal masif dilakukan.

"Tapi saya yakin bahwa setelah investor di dalam negeri bergerak, semakin banyak setiap bulannya investor dari luar akan segera masuk. Kita lihat saja nanti pasti akan masuk," katanya.

Sebelumnya di hadapan para pebisnis dalam APEC CEO Summit Jokowi menyampaikan sejumlah sektor prioritas dalam berinvestasi di Indonesia. Diantaranya yakni hilirisasi industri nikel untuk pengembangan mobil listrik, ekonomi hijau, dan pembangunan IKN.

Menurut Jokowi IKN yang sedang dibangun di Indonesia merupakan kota pintar berbasis hutan dan alam. 70 persen wilayah di IKN merupakan area hijau dan 80 persen transportasi publik nantinya akan berbasis energi hijau.

BERITA TERKAIT

"Yang terbuka di berbagai sektor infrastruktur, transportasi, teknologi, pendidikan, energi, keuangan, pariwisata, kesehatan, dan perumahan," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas