Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Cuaca Hari Ini - BMKG: Waspada Hujan Lebat Terjadi di 22 Wilayah pada Rabu, 29 November 2023

BMKG telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem Rabu (29/11/2023), waspada hujan lebat terjadi di 22 wilayah berikut.

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Suci BangunDS
zoom-in Cuaca Hari Ini - BMKG: Waspada Hujan Lebat Terjadi di 22 Wilayah pada Rabu, 29 November 2023
freepik.com
Prakiraan cuaca - Simak infomasi BMKG peringatan dini cuaca ekstrem Rabu (29/11/2023), waspada hujan lebat terjadi di 22 wilayah berikut. 

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem Rabu (29/11/2023), hari ini.

Dilansir laman resmi BMKG, Bibit Siklon 99 W terpantau di Samudera Hindia barat Aceh dengan kecepatan angin 15 kt dan tekanan 1009 hPa, sistem ini bergerak ke arah Barat.

Sistem 99W ini membentuk daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang di Laut Cina Selatan hingga Aceh dan Laut Andaman, serta daerah pertemuan angin (konfluensi) di Samudera Hindia barat Aceh, Laut Andaman utara Aceh.

Baca juga: Curah hujan Tinggi, Langkat Dilanda Banjir, Air Menggenang hingga 1,5 meter

Sirkulasi Siklonik terpantau di Laut Cina Selatan yang membentuk daerah konvergensi memanjang dari Laut Cina Selatan, Sumatera Barat, Riau, Jambi, dan Kepulauan Riau.

Daerah konvergensi lain juga terpantau memanjang, dari Laut Jawa hingga Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Papua Barat, dan Papua, serta daerah konfluensi di Riau hingga Jambi, Selat Karimata, Selat Makassar, Sulawesi Tengah hingga Sulawesi Utara, Maluku Utara, Laut Halmahera, Laut Maluku, Teluk Cendrawasih, Papua Barat dan Papua.

Kondisi tersebut, mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah bibit siklon tropis/sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Berikut beberapa wilayah yang berpotensi hujan dan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir hingga angin kencang, dikutip dari bmkg.go.id:

BERITA TERKAIT

Rabu, 29 November 2023

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

• Aceh

• Sumatera Utara

• Riau

• Kep. Riau

• Bengkulu

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas