Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

TNI AL dan Perusahaan AMDK Nasional Kerja Sama Kirimkan Bantuan Kemanusiaan untuk Warga Palestina

Terbaru, bantuan kemanusiaan datang dari TNI Angkatan Laut (AL) yang bekerja sama dengan pihak swasta untuk korban serangan di Jalur Gaza.

Penulis: Matheus Elmerio Manalu
zoom-in TNI AL dan Perusahaan AMDK Nasional Kerja Sama Kirimkan Bantuan Kemanusiaan untuk Warga Palestina
Istimewa
TNI AL memberangkatkan bantuan kemanusiaan untuk warga Palestina di Jalur Gaza bekerja sama dengan pihak swasta, salah satunya Le Minerale. (ISTIMEWA) 

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang menjunjung tinggi kemanusiaan. Hal tersebut salah satunya ditunjukkan lewat pemberian bantuan kemanusiaan untuk Warga Palestina yang terdampak konflik di jalur Gaza. Pemberian bantuan ini telah dilaksanakan beberapa kali oleh pihak pemerintah serta swasta.

Terbaru, bantuan kemanusiaan datang dari TNI Angkatan Laut (AL) yang bekerja sama dengan pihak swasta untuk korban serangan di Jalur Gaza. Bantuan yang diberikan meliputi makanan dan minuman, terutama air mineral. 

Dalam penyaluran bantuan kali ini, TNI AL mengonfirmasi produk-produk yang disalurkan adalah 100 persen produk nasional. Salah satunya adalah Le Minerale, air mineral produksi PT Tirta Fresindo Jaya. 

Produk-produk yang diberangkatkan ke Jalur Gaza ini merupakan bentuk kontribusi dan dukungan dari pihak swasta yang berkolaborasi dengan pemerintah daerah, yakni Pemerintah Provinsi Jawa Timur. 

Baca juga: Le Minerale dengan Mineral Berkualitas Memenuhi Standar Hydration Marathon Internasional

Bantuan dipusatkan di Dermaga Komando Armada (Koarmada) II Surabaya, Jawa Timur dan telah siap diberangkatkan menggunakan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) dr. Radjiman Wedyodiningrat-992, Selasa (28/11/2023). Nantinya, bantuan yang sudah dikumpulkan dikirim ke Dermaga Kolinlamil TNI AL Jakarta untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke perairan Gaza, Palestina. 

Kolaborasi swasta dan pemerintah untuk kemanusiaan

Panglima Koarmada II Laksamana Madya TNI Yayan Sofiyan mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang turut bahu membahu untuk misi kemanusiaan ini, termasuk Le Minerale. Pasalnya, air mineral yang siap serta layak dikonsumsi dalam bentuk botol maupun galon menjadi kebutuhan yang sangat diperlukan di tengah situasi konflik 

BERITA REKOMENDASI

"Sebab, kondisi infrastruktur di sana, kita lihat di media, saudara-saudara kita di sana memerlukan bantuan pendukung hidup salah satunya air bersih, air yang layak dikonsumsi. Ini sudah ada Le Minerale, air mineral produk nasional, produk Indonesia, yang telah memberikan bantuan air mineral dalam kemasan botol dan galon, air bersih yang siap dan layak dikonsumsi," ungkapnya.

Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Kolonel Heri Prihartanto yang juga Komandan Satuan Tugas Penerima Bantuan TNI AL untuk Konflik Gaza Koarmada II, yang bertugas mengatur pengumpulan bantuan, mengungkapkan semua produk sudah diseleksi sesuai kebutuhan warga Palestina di Jalur Gaza. 

Baca juga: Bambang Pamungkas Hingga Ricky Harun Semangat Lari di Jakmar 2023 Berkat Kesegaran Le Minerale

"Hari ini TNI AL akan memberangkatkan bantuan untuk Gaza berupa produk-produk lokal Indonesia. Produk- produk yang akan dibawa ini telah kami seleksi sesuai dengan kebutuhan warga Palestina, termasuk anak-anak dan keluarga, di antaranya adalah air mineral, biskuit, minuman cokelat, dan beberapa produk lainnya,” jelas Heri. 

“Kami berterima kasih kepada Mayora, dalam hal ini Le Minerale yang turut berpartisipasi dalam mendukung misi kemanusiaan bantuan untuk Gaza bersama TNI AL. Tentunya TNI AL sendiri tidak dapat bergerak tanpa adanya dukungan dan kerja sama dari pihak lain,” ungkapnya.

“Tentunya, kami juga melakukan verifikasi terhadap produk-produk yang akan disalurkan, mengutamakan produk nasional produksi dan milik perusahaan  asli Indonesia. Hal ini semata-mata kami lakukan, atas nama Indonesia,” kata Heri. 

Heri pun menegaskan bahwa seleksi produk-produk yang dikirimkan menjadi hal penting agar sesuai dengan kebutuhan warga Palestina di Gaza, terutama produk air mineral. Pasalnya, warga Palestina yang terdampak konflik di Jalur Gaza memang mengalami krisis air bersih. 

Krisis air bersih tersebut menggerakkan Le Minerale untuk bergerak membantu warga Palestina, khususnya di Gaza, agar mendapatkan air minum layak konsumsi.  Oleh karenanya, Le Minerale menyambut baik ajakan dan kepercayaan dari TNI AL. Bantuan ini merupakan wujud nyata dari komitmen Le Minerale terhadap nilai-nilai kemanusiaan dan sosial.

Baca juga: Kampanye ‘Stop Wariskan Sampah’ The Rising Tide yang Didukung Le Minerale Baru Saja Lewati Palembang

"Kami sangat berempati dan tergerak dengan krisis kemanusiaan yang terjadi di Gaza, Palestina. Sebagai 100 persen produk nasional, Le Minerale akan mendukung upaya pemerintah Indonesia untuk meringankan beban saudara kita di Palestina terutama dalam memenuhi kebutuhan air mineral atau air minum  yang layak dikonsumsi," kata Febri Satria Hutama, Marketing Director  Le Minerale.

Febri juga berharap bantuan ini dapat sampai dengan aman dan diterima dengan baik oleh warga Palestina, khususnya di Gaza. 

“Jauhnya jarak memang membatasi keinginan perusahaan kami untuk memberikan bantuan yang lebih berarti, tapi kami berharap dari bantuan yang sedikit ini, warga Gaza bisa tersenyum dan merasa sangat terbantu,” tutupnya.

Selain dari pihak swasta seperti Le Minerale, bantuan yang diberangkatkan kali ini juga ada yang berasal dari masyarakat Jawa Timur melalui Pemprov Jatim, Polda Jatim, Kodam V Brawijaya.

Baca juga: Menyusuri Jejak Tim The Rising Tide di Lampung dan Banten, Lanjutkan Kampanye Perangi Sampah Plastik

Admin: Sponsored Content
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas