Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menantunya Dilantik Jokowi Jadi KSAD, Luhut Menangis dan Kasih Pesan Ini ke Jenderal Maruli

Saat menjabat Danrem ini, ia pernah terpilih sebagai Danrem terbaik dalam bidang Upaya Khusus (Upsus) Ketahanan Pangan Tingkat Nasional.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Menantunya Dilantik Jokowi Jadi KSAD, Luhut Menangis dan Kasih Pesan Ini ke Jenderal Maruli
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memeluk Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (29/11/2023). Jenderal TNI Maruli Simanjuntak resmi menjabat Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Jenderal TNI Agus Subiyanto yang diangkat menjadi Panglima TNI. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Setelah lebih dari sebulan dirawat di Singapura karena sakit yang dideritanya, Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan kembali muncul di depan publik.

Luhut hadir di Istana Negara Jakarta, Rabu (29/11 menghadiri pelantikan Jenderal Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Luhut sengaja terbang dari Singapura ke Jakarta untuk menghadiri acara kenegaraan itu.

Ia tampil dengan mengenakan jas hitam dibalut dasi merah. Rambut putihnya tampak terlihat sebelum ditutup oleh peci hitam.

Baca juga: Jenderal Maruli Simanjuntak Ungkap Pesan Jokowi Usai Melantiknya Jadi KSAD

Luhut hadir bersama istrinya yakni Devi Simatupang dan juga anaknya yang merupakan istri dari Maruli yakni Paulina Panjaitan.

Sebelum pelantikan Maruli dimulai Luhut tampak bersalaman dengan sejumlah pejabat yang hadir, mulai dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Ketua Wantimpres Wiranto, Kepala Staf Presiden Moeldoko, Wakil Ketua MPR Yandri Susanto dan Syarif Hasan.

Luhut berdiri diapit oleh Prabowo dan Menkopolhukam Mahfud MD. Ia juga tampak berbincang dengan Prabowo, Mahfud, Yandri, dan Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid.

BERITA REKOMENDASI

Saat upacara pelantikan digelar Luhut juga mengikuti dengan seksama prosesi pelantikan menantunya tersebut sebagai KSAD sekaligus mendapatkan kenaikan pangkat menjadi bintang empat atau jenderal.

Ada momen haru saat pelantikan Maruli oleh Presiden itu. Usai Maruli mengikuti sumpah jabatan yang didiktekan Presiden Jokowi, menantu Luhut itu sah menjadi KSAD baru menggantikan Jenderal Agus Subiyanto yang kini diangkat sebagai Panglima TNI.

Setelah itu, sang istri, Paulina Simanjuntak mendampingi Maruli dan berdiri di sisi kirinya.

Presiden Jokowi lantas menyalami Maruli dan memberikan ucapan selamat atas posisi baru tersebut.

Sampai pada akhirnya tiba giliran Luhut. KSAD Maruli tampak memberi hormat kepada mertuanya yang juga merupakan purnawirawan jenderal TNI tersebut.

Luhut membalas hormat tersebut sambil tersenyum menghampiri Maruli. Luhut lalu menampar pelan pipi kanan Maruli dan kemudian berpelukan.

Luhut tampak menangis saat memeluk menantunya tersebut. Pelukan juga didaratkan Luhut kepada sang putri Paulina Panjaitan yang merupakan istri Maruli Simanjuntak.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memeluk Istri Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Paulina Pandjaitan usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (29/11/2023). Jenderal TNI Maruli Simanjuntak resmi menjabat Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Jenderal TNI Agus Subiyanto yang diangkat menjadi Panglima TNI. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memeluk Istri Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Paulina Pandjaitan usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (29/11/2023). Jenderal TNI Maruli Simanjuntak resmi menjabat Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Jenderal TNI Agus Subiyanto yang diangkat menjadi Panglima TNI. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)
Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas