Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pesan DPR ke Irjen Marthinus yang Ditunjuk Jadi Kepala BNN: Utamakan Penecegahan, Bukan Penindakan

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni ingin, Kepala BNN baru dapat mengedepankan langkah pencegahan ketimbang penindakan.

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Pesan DPR ke Irjen Marthinus yang Ditunjuk Jadi Kepala BNN: Utamakan Penecegahan, Bukan Penindakan
Kompas.com/ ardhito ramadhan
Irjen Marthinus Hukom yang kini ditunjuk menjadi Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi III DPR RI menyampaikan harapan serta catatan, kepada Irjen Polisi Marthinus Hukom yang ditunjuk menjadi Kepala BNN menggantikan Komjen Petrus Golose yang memasuki masa pensiun.

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni ingin, Kepala BNN baru dapat mengedepankan langkah pencegahan ketimbang penindakan.

“Selaku mitra kerja, Komisi III ingin Kepala BNN baru, Pak Marthinus, untuk bisa lebih mengedepankan aspek pencegahan. Logika penanganan narkoba ini kan utamanya ada di pencegahan, bukan penindakan. Karena kalau narkoba itu sudah dikonsumsi, kan sudah terlambat ibaratnya,” ujar Sahroni kepada wartawan Selasa (5/12/2023).

Sebab itu, Sahroni ingin BNN dapat lebih banyak menyelamatkan nyawa masyarakat Indonesia dari bahaya narkoba.

Menurut Sahroni, para pengedar pastinya akan selalu menemukan cara baru dalam mengelabui petugas.

“Walaupun kinerja BNN di bawah Pak Petrus Golose sudah baik, tapi yang namanya pemberantasan narkoba ini memang tidak akan pernah selesai. Pasti akan selalu ada tantangan baru, pelaku baru, modus baru. Makanya, BNN harus terus up to date terhadap perkembangan,” ujar politikus Partai NasDem itu.

BERITA TERKAIT

Selain itu, Sahroni juga berpesan agar BNN meningkatkan pengawasan di perbatasan-perbatasan negara.

“BNN juga jangan sampai kecolongan di perbatasan. Karena dari yang sudah-sudah, supply (narkoba) dari luar ini besar sekali jumlahnya,” tandas Sahroni.

Jokowi Tunjuk Irjen Pol Marthinus Hukom Sebagai Kepala BNN

Sebelumnya, Komisaris Jenderal (Komjen) Petrus Golose telah memasuki masa pensiun pada tanggal 1 Desember 2023. Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) pemberhentian Jenderal bintang tiga tersebut sebagai Kepala BNN.

"Bapak Petrus Golose pensiun pada tanggal 1 Desember 2023. Karena itu, pada tanggal 29 November 2023, Bapak Presiden telah menandatangani Keppres pemberhentian Bapak Petrus Golose sebagai Kepala BNN," kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana, Senin, (4/12/2023).

Selain pemberhentian Petrus sebagai Kepala BNN, Presiden Jokowi juga meneken Keppres pengangkatan Irjen Polisi Marthinus Hukom sebagai Kepala BNN. Sebelumnya Marthinus menjabat sebagai Kepala Detasemen Khusus 88 Mabes Polri.

"Pengangkatan Bapak Irjen Pol. Marthinus Hukom sebagai Kepala BNN yang baru," katanya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas