Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Wamen ATR: Dorong Pemanfaatan Sertifikat Tanah untuk Tingkatkan Ekonomi Warga

Raja Juli meminta mayarakat untuk dapat mempergunakan sertipikat itu dengan bijak, dengan mengalihkan untuk keperluan produktif.

Penulis: Reza Deni
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Wamen ATR: Dorong Pemanfaatan Sertifikat Tanah untuk Tingkatkan Ekonomi Warga
Tribunnews.com/Reza Deni
Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Raja Juli Antoni membagikan sertipikat tanah di Bangkalan, Jawa Timur.  

TRIBUNNEWS.COM, BANGKALAN - Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Raja Juli Antoni kembali membagikan sertipikat tanah.

Kali ini dia membagikan 500 sertipikat produk Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Bangkalan, Jawa Timur

Dalam sambutannya, Raja Antoni mengaku berbahagia hati, pasalnya sertifikasi tanah di Indonesia terus mengalami peningkatan yang signifikan. 




Dia menjelaskan bahwa 9 tahun yang lalu, total bidang tanah yang sudah tersertifikasi hanya 46 juta bidang saja, padahal di Indonesia terdapat 126 juta bidang.

“Pak Jokowi tanya, berapa layanan per tahunnya? Hanya 500 ribu sertipikat. Butuh 160 tahun sampai semuanya selesai,” cerita Wakil Menteri ATR/BPN pada Rabu, (6/12/2023).

Meski demikian, Raja Antoni menyebutkan bahwa Presiden Jokowi sangat memahami persoalan tersebut, sehingga diluncurkanlah program PTSL sehingga layanan sertifikasi tanah meningkat dari 500 ribu menjadi 6-7 juta per tahunnya.

“Itulah hebatnya pemimpin kita, paham terhadap masalah dan dengan cepat memberikan solusi atas permasalahannya. Sehingga Bapak/Ibu sekalian sekarang bisa merasakan manfaatnya,” sambung Politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tersebut. 

BERITA TERKAIT

Untuk memastikan masyarakat telah menerima sertipikat, Raja Antoni meminta masyarakat untuk mengangkat dan menghitung sertipikatnya. Ia meminta supaya para penerima sertipikat melakukan cek terhadap nama dan luasnya supaya tidak ada kekeliruan. 

“Silakan dicek sertipikatnya, namanya, luasnya, dipastikan supaya tidak keliru,” singkat Raja Antoni.

Dia juga meminta mayarakat untuk dapat mempergunakan sertipikat itu dengan bijak. Menurut Sekjen PSI tersebut jangan sampai sertipikatnya hilang. 

Dengan demikian, jika pun harus diagunkan, dia meminta untuk datang ke bank resmi dan hanya digunakan untuk keperluan yang produktif. 

“Mau enggak tanahnya hilang? Supaya tidak hilang datanglah ke bank resmi, tapi harus untuk produktif yang dapat meningkatkan taraf hidup kita,” kata Raja Antoni.

Dia juga meminta partisipasi masyarakat untuk dapat membantu pemasangan patok supaya batas-batas kepemilikan tanah menjadi jelas sehingga dapat terhindar dari mafia tanah.

120 Juta Sertifkat Tanah Jadi Target Pemerintah hingga 2024

Pemerintah menargetkan penyerahan sertifikat tanah kepada masyarakat pada tahun 2024 mencapai angka 120 juta sertifikat, dari total 126 juta sertifikat yang mesti diserahkan.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas