Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menteri Agama Yaqut Ungkap 6 Jurus Percepatan Tingkatkan Kualitas PTKN

Kementerian Agama (Kemenag) bertekad mewujudkan Pendidikan Tinggi Keagamaan Negeri yang semakin kualitas tinggi dan adaptif dengan perkembangan zaman.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Menteri Agama Yaqut Ungkap 6 Jurus Percepatan Tingkatkan Kualitas PTKN
istimewa
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) bertekad mewujudkan Pendidikan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) yang semakin kualitas tinggi dan adaptif dengan perkembangan zaman.

Bahkan, Kemenag kini telah memiliki enam strategi untuk mempercepat pencapaian target besar ini.

Lewat enam strategi tersebut, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas optimistis kampus-kampus PTKN ke depan akan menjadi idola baru bagi mahasiswa dan masyarakat.

Menurut dia, PTKN harus banyak berubah dengan menciptakan berbagai inovasi baik dari sisi keilmuan, sarana pendidikan, hingga pangsa kerja para lulusan.

“PTKN ini adalah aset yang luar biasa bagi masa depan Indonesia. Makanya PTKN harus sadar dengan kebutuhan zaman. Buat banyak terobosan, jangan kaku agar tidak tenggelam,” ujar Gus Yaqut, Kamis (14/12/2023).

Gus Yaqut menjelaskan, ada enam strategi yang diusung Kemenag untuk mewujudkan kampus-kampus PTKN ini semakin bermutu dan kian menjadi incaran masyarakat.

BERITA TERKAIT

Pertama soal peningkatan akreditasi. Dia mengungkapkan, dari 59 PTKN di Indonesia, kini sudah ada sembilan kampus yang masuk dalam golongan akreditasi 'unggul'.

Dengan data ini, maka masih ada 50 PTKN yang masih dalam kategori 'baik sekali'.

"Akreditasi ini tolong dikejar dengan serius. Diperbanyak lah studi banding di antara PTKN, ini kan bisa. Bagaimana itu cara menaikkan akreditasi," ujarnya.

Strategi kedua adalah pemanfaatan teknologi sistem informasi. Dia mendorong seluruh PTKN untuk membiasakan dengan penggunaan teknologi sistem informasi agar kampus bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang tumbuh sangat pesat ini.

"Seperti anak-anak kita ini kan akrab dengan teknologi digital. Mereka lebih banyak berinteraksi dengan gadget-nya daripada orang lain. Kita mau beradaptasi, atau tenggelam?" ujar Gus Yaqut.

Ketiga, Gus Yaqut meminta para rektor untuk membuat terobosan dalam perekrutan calon mahasiswa.

Dia mengusulkan pimpinan PTKN memiliki chief marketing officer (CMO) yang tugasnya khusus difungsikan sebagai pimpinan dalam hal pemasaran (marketing).

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas