Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rupanya Firli Bahuri Datangi Ketua Sementara KPK Sebelum Umumkan Dirinya Mundur

Rupanya, Firli Bahuri sempat menemui Ketua Sementara KPK, Nawawi Pomolango di kantornya pada Kamis (21/12/2023) kemarin.

Penulis: Ashri Fadilla
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Rupanya Firli Bahuri Datangi Ketua Sementara KPK Sebelum Umumkan Dirinya Mundur
Tribunnews.com/Ashri Fadilla
Ketua Sementara KPK, Nawawi Pomolango dalam keterangannya di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat (22/12/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ashri Fadilla

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua nonaktif Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri ternyata sempat menghadap pimpinan KPK lainnya sebelum memberikan pernyataan di hadapan awak media terkait pengunduran dirinya dari KPK.

Rupanya, Firli Bahuri sempat menemui Ketua Sementara KPK, Nawawi Pomolango di kantornya pada Kamis (21/12/2023) kemarin.

Kedatangan Firli ke ruang kerja Nawawi itu dimaksudkan untuk menyerahkan surat pengunduran diri.

"Sebenarnya kemarin beliau jam 16.00 ya datang menemui kami dan menyerahkan surat sebelum beliau ke Dewas (Dewan Pengawas). Beliau menyerahkan itu (surat pengunduran diri) ke saya," ujar Nawawi dalam keterangannya, Jumat (22/12/2023).

Sikap demikian pun diterima Nawawi, sebab merupakan hak Firli.

Ke depannya, KPK hanya bisa menunggu Keputusan Presiden (Keppres) terkait pemberhentian tetap Firli Bahuri sebagai Ketua KPK.

BERITA TERKAIT

Begitu Keppres terbit, maka pengganti Firli Bahuri, yakni Ketua KPK definitif akan ditentukan dengab mekanisme yang tertuang di peraturan perundang-undangan.

"Akan bergulir mekanisme sebagaimana yang ditentukan dalam Pasal 32 dan 33 daripada Undang-Undang Pasal 19 Tahun 2019. Itu sepenuhnya kami serahkan kepada pemerintah dan Komisi III," katanya.

Baca juga: 18 Desember 2023 Firli Bahuri Mundur, 19 Desember Kalah Praperadilan, Kemarin Pamit ke Dewas KPK

Selain Pimpinan KPK, pada hari yang sama Firli Bahuri juga menemui Dewan Pengawas (Dewas) KPK untuk mengundurkan diri sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sekaligus anggota.

Saat itu dia sengaja datang ke Kantor Dewas KPK usai majelis etik merampungkan sidang etik pada Kamis petang.

"Begitu banyak saksi-saksi yang dimintai keterangan sehingga saya harus bersabar sampai selesai sidang. Setelah itu saya datang, bertemu dengan pimpinan, ketua dan anggota Dewas KPK," ujar Firli di Kantor Dewas KPK, Jakarta Selatan, Kamis (21/12/2023).

Terkait pengunduran diri ini, Firli Bahuri telah menyampaikan surat kepada Presiden Joko Widodo pada Senin (18/12/2023).

Baca juga: KPK Sinyalir Juliari Batubara Beri Pengawalan Khusus Pendistribusian Bansos Beras

Surat itu dia kirimkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

"Suratnya sudah disampaikan ke Presiden melalui Mensesneg. Saya nyatakan saya berhenti dari Ketua KPK dan tidak melanjutkan masa perpanjangan," kata Firli di Kantor Dewan Pengawas (Dewas) KPK, Jakarta Selatan, Kamis (21/12/2023).

Dari pihak Kementerian Sekretariat Negara mengamini adanya surat pengunduran diri Firli Bahuri sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

"Saat ini, surat pengunduran diri tersebut tengah diproses untuk dapat segera ditetapkan dengan Keputusan Presiden. Perlu diketahui, Presiden baru sore tadi tiba di Jakarta dari kunjungan kerja ke IKN," kata Ari, Kamis, (21/12/2023).

Ketua Sementara KPK, Nawawi Pomolango dalam keterangannya di Gedung Merah Putih, Jumat (22/12/2023).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas