Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Contoh Teks Khutbah Jumat: Akhlak Pemilih yang Baik dalam Islam

Simak contoh teks khutbah Jumat yang berjudul Akhlak Pemilih yang Baik dalam Islam. Memuat materi untuk menjadi pemilih yang bijak dalam Pemilu.

Penulis: Enggar Kusuma Wardani
Editor: Nanda Lusiana Saputri
zoom-in Contoh Teks Khutbah Jumat: Akhlak Pemilih yang Baik dalam Islam
Freepik
Ilustrasi Khutbah - Contoh teks khutbah Jumat yang berjudul Akhlak Pemilih yang Baik dalam Islam. Memuat materi untuk menjadi pemilih yang bijak dalam menentukan sosok pemimpin masa depan. 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut contoh teks khutbah Jumat yang cocok dibawakan pada masa menjelang Pemilihan Umum (Pemilu)

Contoh teks khutbah Jumat ini berjudul Akhlak Pemilih yang Baik dalam Islam.

Dalam contoh teks khutbah Jumat ini memuat materi terkait menjadi pemilih yang bijak dalam memberikan hak suaranya.

Pasalnya, masyarakat Indonesia akan melaksanakan Pemilu serentak pada 14 Februari 2024.

Pada momen tersebut masyarakat akan melakukan pemungutan suara untuk memilih sosok calon pemimpin masa depan.

Lebih lengkapnya, simak contoh teks khutbah Jumat yang dikutip dari laman UIN Sunan Gunung Djati Bandung berikut ini:

Baca juga: Contoh Teks Khutbah Jumat Singkat: Pentingnya Intropeksi Diri di Akhir Tahun

Khutbah Pertama

الْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَى أُمُوْرِ الدُّنْيَا وَالدِّيْنِ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ، نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلَى اٰلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَالتَّابِعِيْنَ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلىَ يَوْمِ الدِّيْنِ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلٰهَ إِلَّا الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ الْمَلِكُ الْحَقُّ اْلمُبِيْن. وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَـمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ صَادِقُ الْوَعْدِ اْلأَمِيْن. أَمَّا بَعْدُ فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ. اِتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوْتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ. فَقَالَ اللهُ تَعَالَى; يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوا اللّٰهَ وَاٰمِنُوْا بِرَسُوْلِهٖ يُؤْتِكُمْ كِفْلَيْنِ مِنْ رَّحْمَتِهٖ وَيَجْعَلْ لَّكُمْ نُوْرًا تَمْشُوْنَ بِهٖ وَيَغْفِرْ لَكُمْۗ وَاللّٰهُ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌۙ

Hadirin jamaah Jumat yang dimuliakan Allah, SWT

BERITA TERKAIT

Marilah kita panjatkan puji syukur kita kehadirat Allah ‘azza wajalla karena pada siang hari ini kita masih diberikan karunia untuk melakukan salat jumat secara berjamaah. Ini adalah bukti ketaatan kita kepada Allah ‘azza wajalla. Shalawat dan salam semoga tercurah kepada Nabi akhir zaman dan penutup para Nabi yang juga menjadi pembuka pintu surga pertama kali, yaitu nabi kita Muhammad SAW, begitu pula kepada para sahabat, para tabi’in, serta kepada setiap orang yang mengikuti para salafush shalih dengan baik hingga akhir zaman. Khatib pesankan kepada diri pribadi dan jamaah sekalian untuk selalu dan senantiasa melazimi ketakwaan kepada Allah ‘azza wajalla dengan cara menjalankan semua perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam.” (QS. Ali Imran: 102).

Hadirin jamaah Jumat yang dimuliakan Allah, SWT

Dipahami pemilu sudah didepan mata berbagai media telah ramai membicarakan para calon idamannya, itu masing mending. Lebih parahnya lagi menyudutkan calon pasangan yang tidak setuju dibenaknya, hal itu serasanya tidak adil, apabila kita hanya terus menerus membicarakan bagaimana akhlak pemimpin/calon pemimpin saja?. Pada khutbah kali ini, izinkan khatib akan menyampaikan materi khutbah berjudul: bagaimana “Akhlak Pemilih yang Baik dalam Islam”?.

Hal ini penting untuk disampaikan agar kita bisa menjadi seorang yang bijak dan tepat dalam memilih pemimpin yang akan menjadi sosok penentu kebijakan. Dalam hal ini, Islam memberikan rambu-rambu dan etika dalam memilih calon pemimpin. Pasalnya, seorang pemimpin memiliki peran yang sangat besar dalam kehidupan umat dan warga masyarakat.

Pemimpin yang baik dan berintegritas akan dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan membawa kemaslahatan bagi umat. Berdasarkan panduan Al-Qur’an, setidaknya ada 3 akhlak dalam Islam untuk memilih pemimpin. Hal ini dimaksudkan untuk mendidik masyarakat dalam menentukan calon pemimpin ke depan.

Baca juga: Contoh Teks Khutbah Jumat: Pentingnya Berpartisipasi Aktif dalam Memilih Pemimpin

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas