Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PDIP Siapkan Kendaraan Dapur Umum Untuk Tanggap Darurat Bencana dan Aksi Sosial

Ketua DPP PDIP Wiryati Sukamdani mengatakan, pihaknya telah menyiagakan kendaraan dapur umum untuk melayani kebutuhan makan masyarakat

Penulis: Ibriza Fasti Ifhami
Editor: Adi Suhendi
zoom-in PDIP Siapkan Kendaraan Dapur Umum Untuk Tanggap Darurat Bencana dan Aksi Sosial
Tribunnews.com/ Ibriza Fasti Ifhami
Ketua DPP PDIP Wiryati Sukamdani saat memperkenalkan kendaraan dapur umum PDIP, di Sekolah Partai PDIP, Jakarta Selatan, Selasa (9/1/2024). 

Laporan wartawan Tribunnews, Ibriza Fasti Ifhami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PDI Perjuangan (PDIP) menekankan pentingnya tanggap darurat jika terjadi bencana alam.

Terkait hal itu, Ketua DPP PDIP Wiryati Sukamdani mengatakan, pihaknya telah menyiagakan kendaraan dapur umum untuk melayani kebutuhan makan masyarakat yang terdampak bencana alam.

Selain untuk siaga bencana, Wiryati menjelaskan, kendaraan dapur umum dapat juga digunakan sebagai sarana melakukan aksi sosial bagi masyarakat.

"Jadi kita harus tanggap darurat apabila ada bencana. Ini berlaku di seluruh Indonesia," kata Wiryati, saat memperkenalkan kendaraan dapur umum PDIP, di Sekolah Partai PDIP, Jakarta Selatan, Selasa (9/1/2024).

Adapun, kata Wiryati, dapur umum PDIP sangat memperhatikan menu makanan yang akan diberikan kepada masyarakat terdampak bencana.

Baca juga: Balas Ucapan Hasto PDIP, TKN Minta Ganjar Meminta Maaf Sebut Indeks Pertahanan Indonesia Turun

Ia menyebut, meski dengan harga murah, menu makanan yang didistribusikan harus dipastikan bergizi.

BERITA REKOMENDASI

"Kita tentunya harus mengambil menu yang murah tetapi bergizi. Itu penting sekali. Jadi kita atur sekali gizinya, di sini ada chef. Chef ini adalah dari Ikatan Chef Indonesia. Tentu membantu karena ada di seluruh Indonesia juga, yaitu membantu, bahwa menu itu harus sehat, harus sehat, harus murah, tapi yang penting harus bergizi," jelasnya.

Baca juga: Soal Alutsista Bekas Era Bung Karno, TKN Balas Hasto PDIP: Prabowo Tidak Salah Masa Harus Minta Maaf

Dalam hal ini, Wiryati mengatakan, pihaknya telah bekerja sama dengan Basarnas, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Dan yang tidak kalah pentingnya, program sosial seperti ini juga untuk mengatasi stunting. Stunting itu kerdil. Jadi bagaimana caranya supaya kita bisa memberikan edukasi, mendidik, atau memelihara anak untuk baik dan sehat, dan tumbuh normal," tutur Wiryati.

Ketua DPP PDIP itu kemudian menyampaikan, terdekat, kendaraan dapur umum ini akan dibuka dalam rangka hari ulang tahun (HUT) PDIP ke-51, yang jatuh pada 10 Januari mendatang.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas