Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Buka Peluang Rekrut Penyandang Disabilitas jadi Anggota, Ombudsman Puji Kapolri

Langkah Polri membuka kesempatan bagi para penyandang disabilitas menjadi anggota melalui seleksi Bintara dan SIPSS menuai pujian.

Penulis: Abdi Ryanda Shakti
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Buka Peluang Rekrut Penyandang Disabilitas jadi Anggota, Ombudsman Puji Kapolri
Istimewa
Anggota Ombudsman Republik Indonesia (ORI), Johanes Widijantoro mengapresiasi langkah Polri yang memberikan kesempatan para penyandang disabilitas untuk menjadi anggota Polri. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdi Ryanda Shakti

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Langkah Polri membuka kesempatan bagi para penyandang disabilitas menjadi anggota melalui seleksi Bintara dan Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) menuai pujian.

Anggota Ombudsman Republik Indonesia (ORI), Johanes Widijantoro mengatakan apa yang diinstruksikan oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo membuka ruang para penyandang disabilitas untuk bekerja.




"Sehingga kalau Polri ada policy (kebijakan) semacam itu kita sangat apresiasi dan harapannya ditangkap oleh rekan-rekan penyandang disabilitas dimanfaatkan di mana pun ditempatkan," kata Johanes dalam keterangannya dikutip Sabtu (20/1/2024).

Menurutnya, kebijakan tersebut bukan hanya omongan semu. Dia sudah melihat memang benar ada penyandang disabilitas yang dijadikan tenaga honorer.

"Karena saya secara langsung sudah menemukan di Polres Kota Malang ada enam orang penyandang disabilitas itu dikaryakan sebagai tenaga honorer, tapi saya katakan itu kebijakan luar biasa," tuturnya.

Menurutnya, dengan hadirnya teman-teman penyandang disabilitas sebagai anggota Polri, Polri akan memiliki sensitivitas terhadap mereka. 

BERITA TERKAIT

Pasalnya, selama ini yang menjadi problem umum kepolisian belum memahami kebutuhan masyarakat yang memiliki keterbatasan fisik.

"Dengan digalang, harapan saya pelayanan kepolisian kepada penyandang disabilitas akan lebih cepat sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan. Ini soal mindset soal bagaimana memuaskan, memahami dan merespon apa yang mereka perlukan di semua satker dan unit ini menarik," ujarnya.

"Kemudian keterampilan, contohnya kalau ada aparat kepolisian kita yang juga penyandang disabilitas tuli misalnya, nah mereka bisa berbahasa isyarat. Ketika masyarakat yang mengakses kepolisian juga penyandang disabilitas tuli chemistrynya dapat dan feel juga dapat, artinya mereka akan terlayani dengan baik," imbuhnya.

Johanes juga memberikan masukan, untuk Polri menyiapkan sarana dan prasarana bagi penyandang disabilitas yang nanti diterima sebagai anggota Polri

Sehingga mereka leluasa memiliki aksesibilitas untuk bekerja. Ia juga berujar, kebijakan tersebut tersebut akan mengangkat citra Polri.

"Kita tidak hanya katakan ini humanis tapi juga menjadi solusi yang menjadi persoalan penyandang disabilitas," tandasnya.

Baca juga: Polri Beri Kesempatan Penyandang Disabilitas Ikut Seleksi Bintara hingga SIPSS

Sebelumnya, Staf Sumber Daya Manusia (SSDM) Polri mulai membuka proses rekrutmen anggota Polri jalur Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) Tahun Anggaran 2024.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas