Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun
Tujuan Terkait

Resmikan Graha Utama Akademi Militer, Menhan Prabowo: Upaya Pengembangan Fasilitas Pendidikan

Menurut Prabowo, graha utama akmil juga nantinya bakal dijadikan tempat perkantoran gubernur dan pejabat utama akademi militer.

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Resmikan Graha Utama Akademi Militer, Menhan Prabowo: Upaya Pengembangan Fasilitas Pendidikan
Tribunnews.com/Igman Ibrahim
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto berfoto bersama para perwira usai meresmikan graha utama akademi militer di Magelang, Jawa Tengah pada Senin (29/1/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, MAGELANG - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto mengungkap alasan membangun graha utama akademi militer di Magelang, Jawa Tengah pada Senin (29/1/2024).

Baginya, pembangunan tersebut sebagai bentuk pengembangan fasilitas pendidikan di institusi militer.

Baca juga: Jokowi dan Prabowo Resmikan Graha Utama Akademi Militer: Mahfud MD Absen, Luhut Pakai Baret Merah




"Pembangunan Graha Utama Akademi Militer Magelang merupakan bagian dari upaya mewujudkan visi besar pembangunan dan pengembangan fasilitas pendidikan di institusi pendidikan militer yang diharapkan dapat memiliki peran sentral dalam membentuk watak, mental, dan intelektualitas calon pemimpin TNI dan pemimpin bangsa," kata Prabowo dalam sambutannya.

Dijelaskan Prabowo, Kementerian Pertahanan RI membangun graha utama akmil dengan luas bangunan 8.306 m2. Rinciannya, lantai 1 seluas 3.328 m2, lantai 2 2.617 m2 dan lantai 3 seluas 2.617 m2. 

Selain itu, Kemenhan juga renovasi perbaikan ruang makan untuk 1.200 taruna. Menurut Prabowo, graha utama akmil juga nantinya bakal dijadikan tempat perkantoran gubernur dan pejabat utama akademi militer.

Baca juga: Jokowi Tepuk Tangan Saksikan Penyerahan Pesawat Super Hercules dari Menhan Prabowo kepada KSAU

"Tempat penyelenggaraan acara kehormatan militer, acara penting, penerimaan tamu asing, peringatan peristiwa bersejarah. Diharapkan pembangunan Akmil Magelang dapat meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan para taruna, calon penerus bangsa dan dapat meningkatkan daya saing prajurit muda di kancah internasional," katanya.


Momen Prabowo dan Jokowi Resmikan Graha Utama Akmil

BERITA TERKAIT

Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan graha atau mainhall akademi militer di Magelang, Jawa Tengah pada Senin (29/1/2024).

Pantauan Tribunnews di lokasi, Prabowo dengan sejumlah ajudan pribadinya tiba sekira pukul 10.00 WIB. Eks Danjen Kopassus itu terlihat memakai kemeja berwarna putih dan celana berwarna hitam.

Setibanya di lokasi, Prabowo pun terlihat sempat mengatur persiapan menyambut Presiden Jokowi. Sejam setelahnya, barulah Eks Gubernur DKI Jakarta itu tiba dengan pengawalan ketat aparat.

Saat itu, Prabowo pun langsung menyambut Presiden Jokowi yang baru turun dari mobilnya. Kemudian, keduanya pun bersalaman dan berjalan di depan halaman mainhall akademi militer dengan diiringi suara marching band.

Prabowo dan Jokowi juga sempat memberikan salam satu per satu tamu yang hadir dalam acara tersebut. Mereka di antaranya Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.

Selain itu, adapula pimpinan TNI yang berasal dari tiga matra. Mereka adalah KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo dan KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali.

Selain itu, ada pula sejumlah menteri kabinet Indonesia maju yang hadir dalam acara tersebut. Di antaranya, Menko Marives Luhut Binsar Pandjaitan hingga Wantimpres Wiranto.

Tak hanya itu, ada pula para sesepuh purnawirawan TNI-Polri yang hadir dalam peresmian tersebut. Mereka adalah Eks Kepala BIN Jenderal (Purn) Hendropriyono hingga Eks Danjen Kopassus Jenderal (Purn) Agum Gumelar.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

asia sustainability impact consortium

Follow our mission at sustainabilityimpactconsortium.asia

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas