Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sejumlah Jenderal 'Kawal' Jokowi di Lembah Tidar saat Resmikan Graha Utama Akademi Militer Magelang

Jokowi datang ke akademi di Lembah Tidar itu untuk meresmikan Graha Utama Akmil Magelang.

Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Sejumlah Jenderal 'Kawal' Jokowi di Lembah Tidar saat Resmikan Graha Utama Akademi Militer Magelang
Ist
Sederet jenderal purnawirawan TNI serta para selebriti dan influencer hadir bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat peresmian gedung graha utama Akademi Militer (Akmil) di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Senin (29/1/2024). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sederet jenderal yang masih aktif maupun pensiunan jenderal ikut 'mengawal' Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang melakukan kunjungan kerja ke Akademi Militer (Militer) di Magelang, Jawa Tengah, Senin (29/1/2024) kemarin.

Jokowi datang ke akademi di Lembah Tidar itu untuk meresmikan Graha Utama Akmil Magelang.

Para jenderal yang mengawal kedatangan Jokowi di Akmil kemarin di antaranya adalah Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, pimpinan TNI yang berasal dari tiga matra, yakni KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo, dan KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali.

Baca juga: Didampingi Sejumlah Tokoh Militer, Jokowi Resmikan Graha Utama Akmil




Tak hanya para jenderal aktif, acara itu juga dihadiri para sesepuh purnawirawan TNI-Polri, di antaranya Wapres ke-6 Jenderal (Purn) Try Sutrisno, mantan Kepala BIN Jenderal (Purn) Hendropriyono, mantan Danjen Kopassus Jenderal (Purn) Agum Gumelar, Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, hingga Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) yang juga mantan Panglima ABRI Jenderal (Purn) Wiranto. Luhut terlihat memakai jas berwarna biru tua dan memakai baret merah, sementara Wiranto memakai baret hijau.

Hadir pula dua mantan KSAD Jenderal (Purn) TNI Budiman dan Jenderal (Purn) TNI Dudung Abdurachman, Gubernur Akmil Mayjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha.

Di sisi lain, ada sejumlah influencer dan artis yang juga turut ikut meramaikan peresmian main hall akademi militer tersebut. Di antaranya Deddy Corbuzier, Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Atta Halilintar, Ria Ricis, Lula Lahfah, Rachel Vennya, Salim Nauderer, Tara Budiman, Christian Bong, Celine Evangelista, Aan Story, dan lainnya. Mereka tampak kompak mengenakan kemeja polos berwarna putih.

Baca juga: Usai Debat Prabowo Ikut Reuni Akmil ke Magelang: Berdendang Bareng SBY

Dalam sambutannya saat peresmian itu Jokowi mengatakan pembangunan graha seluas 8.068 meter tersebut diharapkan dapat mendorong para taruna Angkatan Darat belajar lebih baik lagi.

BERITA TERKAIT

"Karena sarana dan prasarana pendidikan di Akmil akan semakin lengkap, semakin canggih dan semakin modern dan graha utama ini bisa dimanfaatkan sebagai pusat kegiatan akademis dan acara-acara militer," kata Jokowi.

Jokowi mengaku senang menginjakan kakinya di Akademi Militer yang merupakan "kawah" tempat para prajurit TNI terbaik Angkatan Darat dilatih dan ditempa agar tangguh, intelek, dan bermental kuat.

"Saya harap dengan penambahan fasilitas pendidikan ini Akmil Magelang akan semakin maju, menghasilkan semakin banyak prajurit yang tangguh dan profesional yang siap mendedikasikan kemampuan terbaiknya untuk menjaga persatuan dan kedaulatan bangsa, mewujudkan kemajuan indonesia," ujarnya.

Jokowi juga sempat menyinggung soal lanskap ekonomi global dan politik global sedang berubah.

"Disrupsi melanda ke semua negara. Perubahan teknologi juga sekarang muncul di setiap saat dan berubah-berubah begitu sangat cepatnya. Oleh sebab itu, Akademi Militer juga sama harus mampu dan mau menyesuaikan, beradaptasi dengan disrupsi, dengan perubahan teknologi," kata Jokowi.

Menurut Jokowi, yang diperlukan untuk dipelajari di militer saat ini adalah sains, teknologi, engineering, dan matematika (STEM).

"Karena kalau kita lihat sekarang ini yang namanya kapal tanpa awak sudah sangat biasa. Pesawat besar tanpa awak juga biasa. Mobil tanpa awak di mana-mana. Drone yang dipersenjatai dengan face recognition bisa mengejar sasaran tepat, akurat," ungkapnya.

Hal itu, lanjut Jokowi, bisa dipelajari di Akademi Militer. Sebab, Akmil menjadi tempat bertemunya prajurit TNI AD untuk menempa mental, intelektual, dan ketangguhan. Jokowi mengatakan, Graha Utama Akmil nantinya bisa dimanfaatkan tidak hanya sebagai pusat kegiatan akademis, tapi juga untuk acara-acara militer lainnya.

Sementara itu Menhan Prabowo mengatakan pembangunan Graha Utama Akmil Magelang merupakan bagian dan upaya mewujudkan pengembangan fasilitas pendidikan di institusi pendidikan militer. Dia berharap fasilitas itu dapat memiliki peran sentral dalam membentuk watak mental dan intelektualitas para calon pemimpin TNI dan pemimpin bangsa.

Baca juga: Kritik Ganjar hingga Anies Tanggapi Jokowi Makan Bakso Bareng Prabowo

Prabowo juga mengatakan bahwa Graha Utama merupakan bagian dari upaya mewujudkan visi besar pembangunan dan pengembangan fasilitas pendidikan di institusi pendidikan militer.

"Diharapkan dapat memiliki peran sentral dalam membentuk watak, mental, dan intelektualitas calon pemimpin TNI dan pemimpin bangsa," kata Prabowo.

Ia juga berharap pembangunan sarana dan prasarana baru ini dapat meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan para taruna. "Serta dapat meningkatkan daya saing prajurit muda di kancah internasional," lanjut Prabowo.(tribun network/igm/fik/dod)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas