Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kabar Hadi dan AHY Diangkat Hari Ini, Berikut Daftar Menteri yang Dilantik Jokowi Pada Rabu Pon

Ini daftar menteri di Kabinet Indonesia Maju dan Kabinet Kerja yang diangkat Presiden Jokowi pada hari Rabu dan Rabu Pon. 

Editor: Wahyu Aji
zoom-in Kabar Hadi dan AHY Diangkat Hari Ini, Berikut Daftar Menteri yang Dilantik Jokowi Pada Rabu Pon
Dok. Biro Pers Kepresidenan
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta Selasa (6/3/2018). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan melantik dua menteri baru pada Rabu (21/2/2024) hari ini.

Menteri Agraria dan Tata Ruang sekaligus Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto, bakal dilantik menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam).

Mantan Panglima TNI ini menggantikan Mahfud MD yang mengundurkan diri karena memilih fokus Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.




Sementara itu, kursi Menteri ATR/Kepala BPN disebut-sebut adalah Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Selain itu, Jokowi juga akan menyaksikan pengucapan sumpah atau janji anggota Komisi Kejaksaan dihadapan Presiden di Istana Negara.

Dalam beberapa kesempatan Jokowi memilih hari Rabu untuk melakukan perombakan kabinet, dan terkadang jatuh pada pasaran Jawa Rabu Pon.

Saat pengumuman jajaran menteri di Kabinet Indonesia Maju, Presiden Jokowi memilih hari Rabu, tepatnya tanggal 23 Oktober 2019.

BERITA TERKAIT

Dikutip dari Kompas TV, berikut daftar menteri di Kabinet Indonesia Maju dan Kabinet Kerja yang diangkat Presiden Jokowi pada hari Rabu dan Rabu Pon

Kabinet Kerja 

1. Darmin Nasution, diangkat menjadi Menko Perekonomian menggantikan Sofyan Djalil. Darmin mulai dilantik pada Rabu (12/10/2015). Pasaran Jawa jatuh pada Rabu Pon

2. Luhut Binsar Pandjaitan, diangkat menjadi Menko Kemaritiman dan Sumber daya, menggantikan Rizal Ramli. Luhut mulai menjabat pada Rabu (27/7/2016) yang jatuh pada Rabu Pon

3. Wiranto, diangkat menjadi Menko Polhukam menggantikan Luhut Bisar. Sama seperti Luhut, Wiranto mulai menjabat pada Rabu (27/7/2016) yang jatuh pada Rabu Pon.

4. Sri Mulyani, diangkat menjadi Menteri Keuangan menggantikan Bambang Brodjonegoro. Sama seperti Luhut dan Wiranto, Sri Mulyani mulai menjabat pada Rabu (27/7/2016) yang jatuh pada Rabu Pon.

5. Arcandra Tahar, diangkat menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral mengantikan Sudirman Said. Arcandra dilantik bareng Wiranto, Luhut dan Sri Mulyani pada Rabu (27/7/2016) yang jatuh pada Rabu Pon.

Baca juga: Jokowi Lantik Dua Menteri Baru di Istana Hari Ini, DPR Sebut AHY Bakal Isi Posisi Menteri ATR/BPN

Arcandra kemudian diganti oleh Ignasius Jonan karena masalah status kewarganegaraan Amerika Serikat (AS).

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas