Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

5 Tips untuk Buat Mudik Lebih Tenang, Yuk Persiapkan Sekarang!

Sebagai komitmen untuk melindungi masyarakat Indonesia, Zurich berupaya memberikan perlindungan gratis bagi kamu dan keluarga lewat Asuransi Mudik.

Penulis: Fransisca Andeska
zoom-in 5 Tips untuk Buat Mudik Lebih Tenang, Yuk Persiapkan Sekarang!
Istimewa
Buat mudik kamu jadi lebih tenang agar momen kebersamaan keluarga di hari raya terasa makin menyenangkan. 

TRIBUNNEWS.COM - Menjelang Idulfitri, ada momen spesial bagi mereka yang merantau cukup jauh dari kampung halaman. Momen tersebut tak lain adalah mudik atau pulang ke kampung halaman, yang menjadi kesempatan untuk bertemu dan bersilaturahmi dengan keluarga merayakan kemenangan.

Sedikit berbeda, arus mudik pada tahun 2024 ini disebut sebagai arus mudik yang paling termeriah dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. 

Berdasarkan data dari Kementerian Perhubungan, jumlah pergerakan masyarakat saat mudik Lebaran 2024 diprediksi mencapai 193, 6 juta orang atau 71,7 persen dari total jumlah penduduk Indonesia. 

Angka tersebut mengalami peningkatan dibanding potensi pergerakan masyarakat pada masa Lebaran 2023 lalu, yakni 123,8 juta orang.

Dengan ramainya arus mudik di tahun ini, penting bagi kamu untuk memastikan bahwa perjalanan mudikmu lebih tenang, aman, dan nyaman. 

Apa saja yang perlu dipersiapkan agar perjalanan mudik jadi lebih tenang dan lancar? Yuk simak 5 tipsnya berikut ini:

1. Buat rencana perjalanan yang matang

BERITA TERKAIT

Pertama-tama, pastikan kamu sudah membuat rencana perjalanan yang matang. Hal ini dimulai dari pemilihan transportasi yang akan digunakan untuk mudik. 

Apabila kamu berniat menggunakan transportasi umum, ada baiknya kamu membeli tiket dari jauh hari dan memastikan bahwa waktu keberangkatan dan waktu kedatangan sesuai dengan jadwal kegiatan di kampung halaman.

Selain itu, pastikan bahwa barang bawaanmu, termasuk oleh-oleh untuk keluarga, tidak kelebihan muatan. 

Yang tak kalah penting, rencanakan juga anggaran biaya yang akan dikeluarkan selama perjalanan, mulai dari harga tiket pulang pergi, uang tunai yang akan dibutuhkan selama mudik, hingga saldo kartu uang elektronik. 

2. Jaga kesehatan

Kamu juga perlu memerhatikan kondisi fisik dan stamina tubuh, baik selama perjalanan serta maupun saat sudah berada di kampung halaman. 

Biasanya perjalanan mudik dilakukan saat bulan Ramadan. Maka dari itu, kamu perlu menjaga kondisi badan dengan mengonsumsi makanan yang bergizi saat sahur dan berbuka puasa. Yang tak kalah penting, minum air putih yang cukup agar terhindar dari dehidrasi. 

Jika diperlukan, kamu juga bisa melakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu sebelum berangkat mudik.

3. Bawa bekal dan perlengkapan untuk perjalanan

Agar perjalanan berlangsung dengan tenang dan kamu tidak perlu kerepotan, kamu perlu membawa bekal dan perlengkapan yang tepat selama perjalanan. 

Selain bekal makanan dan minuman untuk sahur dan berbuka puasa, ada berbagai perlengkapan yang penting untuk dibawa, mulai dari pakaian cadangan, jaket, bantal, selimut, hingga buku favorit untuk mengisi waktu.

Untuk menjaga kesehatan, sangat dianjurkan untuk membawa kotak P3K yang berisi obat anti mabuk, obat diare, obat demam, vitamin, serta antiseptik pembersih luka dan perban sebagai bentuk pertolongan pertama selama perjalanan. 

Jangan lupa juga untuk bawa charger dan power bank, sehingga kamu tetap bisa menghubungi keluarga selama perjalanan, serta bisa memanggil bantuan jika diperlukan!

4. Cek kondisi kendaraan sebelum digunakan

Khusus untuk kamu yang akan mudik menggunakan kendaraan pribadi, pastikan bahwa kendaraan dalam kondisi prima ya! 

Sebelum melakukan perjalanan, periksalah kondisi mesin, oli, air aki, air radiator mobil, kampas rem, ban mobil, dan beberapa sparepart apabila ada yang sudah mulai usang. 

Jika menemukan hal yang janggal, maka segeralah bawa kendaraan ke bengkel untuk bisa segera diperbaiki. Hal ini wajib dilakukan agar kamu terhindar dari mogok ataupun kecelakaan akibat kondisi mesin yang tidak memadai. 

5. Perlindungan ekstra dengan asuransi

Setiap orang pasti ingin perjalanan mudik dapat berjalan lebih tenang dan aman. Namun, terkadang ada risiko tak terduga yang bisa mengancam kapan saja, salah satunya adalah kecelakaan.

Oleh karena itu, kamu juga perlu melengkapi diri dengan perlindungan ekstra dalam persiapan mudik. Perlindungan ekstra ini bisa kamu dapatkan dengan memiliki produk asuransi dari Zurich. 

Sebagai komitmen untuk terus melindungi masyarakat Indonesia, Zurich berupaya memberikan perlindungan gratis bagi kamu dan keluarga lewat Asuransi Mudik secara gratis!

Melalui program Asuransi Mudik dari Zurich ini, kamu bisa mendapatkan perlindungan senilai hingga Rp10.000.000 dari risiko meninggal dunia, cacat tetap total, hingga biaya pengobatan akibat kecelakaan. 

Untuk mendapatkan Asuransi Mudik gratis dari Zurich, kamu hanya perlu mendaftarkan diri melalui website Zurich dengan mengklik link ini. Yuk jalani mudik lebih tenang bersama Zurich, karena #BarengJadiLebih. 

Admin: Sponsored Content
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas