Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ganjar Pranowo Pilih Jadi Oposisi, Pengamat Singgung soal Posisi Jokowi

Pengamat poltiik menilai keputusan Ganjar menjadi pihak oposisi untuk mempertegas kalau PDIP akan berada di luar pemerintahan, sempat singgung Jokowi

Penulis: Rifqah
Editor: Nanda Lusiana Saputri
zoom-in Ganjar Pranowo Pilih Jadi Oposisi, Pengamat Singgung soal Posisi Jokowi
Istimewa
Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja di SMKN Jawa Tengah kampus Semarang di Jalan Brotojoyo No 1, Kota Semarang, Rabu (30/8/2023). - Pengamat poltiik menilai keputusan Ganjar menjadi pihak oposisi untuk mempertegas kalau PDIP akan berada di luar pemerintahan, sempat singgung Jokowi. 

TRIBUNNEWS.COM - Direktur Eksekutif Trias Politika, Agung Baskoro menilai, keputusan Ganjar Pranowo menjadi pihak oposisi pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka itu untuk mempertegas kalau PDIP akan berada di luar pemerintahan.

Hal tersebut juga bisa dilihat dari gugatan yang diajukan oleh PDIP, yakni gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) hingga di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) soal Pilpres 2024.

"Karena realitas politik-hukum sebelumnya sudah mengemuka mulai proses PTUN yang masih dikawal PDIP soal Pilpres dan kemudian terkait belum bertemunya Prabowo - Mega," kata Agung saat dihubungi, Rabu (7/5/2024), dikutip dari Wartakotalive.com.

"Apalagi aspirasi publik juga menginginkan perlu ada kekuatan partai di luar pemerintahan agar check and balances tetap terjaga," sambungnya. 

Saat ditanya soal alasan tak bergabungnya kubu PDIP ke Prabowo-Gibran karena "gengsi", Agung menilai, nantinya kubu mereka hanya akan menjadi pelengkap saja. 

Sebab, sudah banyak partai yang berkoalisi bersama Prabowo-Gibran. 

Bahkan, Agung juga menyinggung mengenai posisi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang berada di kubu Prabowo-Gibran.

BERITA REKOMENDASI

"Plus ada faktor Presiden Jokowi di sisi Prabowo-Gibran yang dominan," kata Agung. 

PDIP Sebut Keputusan Ganjar Jadi Oposisi Cerminkan Sikap PDIP

Mengenai keputusan Ganjar tersebut, Sekretaris PDIP, Hasto Kristiyanto, merasa bangga hingga memujinya sebagai suatu sikap yang baik.

Sebab, Ganjar yang lebih memilih berada di oposisi itu dianggap mencerminkan sikap dari PDIP sendiri.

"Ya tentu saja (mencerminkan sikap partai), karena ini merupakan sikap kenegarawanan, sikap yang sangat baik," kata Hasto di Posko Teuku Umar, Menteng, Jakarta, Senin (6/5/2024).

Baca juga: Ganjarist Siap Bersama Ganjar di Barisan Oposisi Pemerintah: Beliau Tidak Mencla-mencle

Ditegaskan Hasto, Pemilu tak akan pernah melunturkan sikap partai pengusung Ganjar-Mahfud untuk berdedikasi, mengabdi kepada bangsa dan negara. 

Apalagi, saat ini Indonesia sedang menghadapi berbagai persoalan, seperti masalah pangan, investasi, global warming, dan masalah geopolitik lainnya.

Sehingga, memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mengatasi hal tersebut.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas