Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Namanya Diusulkan sebagai Calon Menteri dari PAN, Begini Respons Saleh Daulay

Saleh menilai, penyebutan namanya sebagai calon menteri dari PAN dianggap sebagai harapan partainya mendapatkan porsi lebih banyak di kabinet

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Namanya Diusulkan sebagai Calon Menteri dari PAN, Begini Respons Saleh Daulay
TRIBUNNEWS/CHAERUL UMAM
Wakil Ketua Fraksi PAN Saleh Partaonan Daulay. Saleh Partaonan Daulay merespons namanya yang diusulkan menjadi calon menteri di Kabinet Prabowo-Gibran. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua DPP PAN Saleh Partaonan Daulay, merespons namanya yang diusulkan menjadi calon menteri di Kabinet Prabowo-Gibran.

Ada pun usulan itu sebelumnya disampaikan langsung Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas), pada acara Bimtek dan Rakornas Pilkada PAN di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan, Kamis (9/5/2024) malam.

Baca juga: Profil 4 Calon Menteri yang Disodorkan PAN ke Prabowo, Yandri Susanto hingga Saleh Partaonan Daulay

Selain nama Saleh Daulay, tiga nama lain juga disebut Zulhas yakni politikus senior PAN Asman Abnur, Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto, dan Sekjen PAN Eddy Soeparno.

Saleh menilai, penyebutan namanya sebagai calon menteri dari PAN dianggap sebagai harapan partai berlambang matahari putih itu mendapatkan porsi lebih banyak di kabinet pemerintahan mendatang.

"Kalau ditanya, bagaimana respons saya terhadap penyebutan nama saya sebagai calon menteri? Saya pasti menyebut bahwa itu adalah harapan bang Zulhas agar PAN mendapat lebih banyak kesempatan. Kesempatan untuk berbakti bagi ibu pertiwi," kata Saleh saat dihubungi Tribunnews.com Jumat (10/5/2024).

Baca juga: Profil Singkat 4 Calon Menteri yang Disodorkan PAN ke Prabowo

Selain itu, Saleh menilai usulan itu adalah ekspresi gembira Zulhas, atas kemenangan Prabowo-Gibran. 

BERITA REKOMENDASI

Sehingga, menurut Saleh, Zulhas sangat bersemangat untuk dapat ikut bersama melanjutkan capaian-capaian pembangunan yang diperoleh hari ini. 

"Wajar saja bang Zulhas memperkenalkan kader-kader PAN. Memang tugas ketum partai ya seperti itu. Tentu hal itu disampaikannya dengan harapan agar kader PAN dapat berkarya dan berkhidmat untuk bangsa dan negara," ucap Ketua Fraksi PAN DPR RI itu.

Lebih lanjut, Saleh menyebut Zulhas sangat mengerti bahwa semua keputusan mengenai susunan kabinet adalah hak prerogatif Prabowo sebagai presiden terpilih. 

Namun sebagai anggota koalisi Prabowo-Gibran, Zulhas hanya menegaskan bahwa PAN memiliki banyak kader yang siap membantu Prabowo-Gibran. 

"Itu hal biasa saja. Para ketua umum partai lain juga sering memperkenalkan kadernya. Sekalian biar masyarakat juga bisa memberikan penilaian," pungkasnya.

Zulhas Usul 4 Kadernya yang Bisa Jadi Menteri Prabowo

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan atau Zulhas mengungkap 4 kader yang bisa dipertimbangkan menjadi menteri dari pemerintahan baru Prabowo-Gibran. Mereka merupakan kader-kader senior sekaligus petinggi DPP PAN.

"Ada Yandri ada pak Asman, ada Eddy Soeparno ya kan, kalau Pak Hatta maqomnya laen, ada Pak Saleh Daulay, banyak ya," ucap Zulhas di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan, Kamis (9/5/2024) malam.

Zulhas mengatakan PAN sudah dekat dengan Prabowo sejak lama. Bahkan bukan hanya dekat, akan tetapi keduanya sama-sama memiliki satu misi perjuangan.

Baca juga: 35 Nama Diklaim Masuk Daftar Calon Menteri Prabowo, Ada Artis hingga Kalangan Profesional

"Apa yang disampaikan Indonesia yang maju, Indonesia yang berdaulat, kekayaan alam kita, tidak boleh ada yang kelaparan, itu sama perjuangannya. PAN ini ingin memperjuangkan cita-cita Indonesia merdeka,kita itu berdaulat, adil dan makmur, sama ya," ungkapnya.

Lebih lanjut, Zulhas menambahkan penunjukkan menteri merupakan hak prerogatif dari Prabowo. Namun, ia pun tidak menampik telah menyiapkan sejumlah kader terbaiknya.

"Nanti soal menteri itu hak penuhnya prerogatif presiden terpilih, terserah kepada beliau. Kalau kader PAN kan banyak yang hebat-hebat," pungkasnya.
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas