Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Om Botak Ajak Youtuber Korea ke Hotel Bikin Geram Budi Karya, Nasibnya Seperti Pejabat Pertamina

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah memerintahkan agar kebenaran berita yang tengah viral tersebut segera diusut.

Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Om Botak Ajak Youtuber Korea ke Hotel Bikin Geram Budi Karya, Nasibnya Seperti Pejabat Pertamina
HO
Kolase foto: Asri Domuna, Menhub Budi Karya Sumadi, dan Arie Febriant. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Aksi pejabat di lingkungan Kementerian Perhubungan mengajak Youtuber Korea Selatan ke hotel, mengingatkan persoalan pejabat Pertamina beberapa waktu lalu.

Adapun pejabat di lingkungan Kemenhub yakni Asri Damuna menduduki posisi Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Sangia Nibandera Kolaka, Sulawesi Tenggara.

Ia menjadi viral dan disebut netijen sebagai om botak karena kepalanya pelontos mengajak Youtuber bernama Jiah ke hotel tempatnya menginap saat makan di restoran daerah Manado, Sulawesi Utara.

Tindakannya pun membuat Menteri Perhubungan Budi Karya geram, dan Asri kehilangan jabatan karena sekarang sudah dibebastugaskan untuk proses pemeriksaan.

Baca juga: Alasan Asri Damuna Pakai Nama Albert saat Ajak Youtuber Korea ke Hotel

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan, pembebastugasan ini dilakukan guna memudahkan penyelidikan lebih lanjut terkait video Asri yang tengah viral.

"Kementerian Perhubungan sangat menyesalkan video viral yang melibatkan Asri Damuna, Kepala Kantor UPBU Sangia Nibandera Kolaka. Yang bersangkutan telah dibebastugaskan guna memudahkan penyelidikan dan tindakan lebih lanjut," kata Adita dalam keterangannya, Jumat (10/5/2024).

Menurut Adita, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah memerintahkan agar kebenaran berita yang tengah viral tersebut segera diusut dan diberikan sanksi tegas jika terbukti bersalah.

BERITA TERKAIT

Untuk itu, lanjut Adita pemeriksaan terhadap yang bersangkutan tengah dilakukan.

"Jika terbukti benar, maka artinya yang bersangkutan tidak dapat menjaga marwah sebagai Aparatur Sipil Negara. Kemungkinan akan ada sanksi internal terkait hal tersebut," ujar Adita.

Selain itu, Adita berharap kasus serupa tidak terulang kembali di kemudian hari.

Dia juga meminta kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) bisa menjaga etika sebagai pegawai pemerintah.

"Kemenhub berharap kejadian seperti ini tidak terulang lagi. Kami meminta kepada seluruh ASN agar dapat menjaga marwah dan etika baik sebagai pegawai pemerintah," tegasnya.

Percakapan antara Asri Damuna dan Jiah

Seorang YoTuber asal Korea Selatan bernama Jiah mengunggah video yang berjudul 'Menjadi Teman dengan Para Om ke Bunaken dari Mando'.

Dalam video tersebut, dia tiba-tiba dihampiri oleh dua orang pria saat tengah makan di sebuah restoran di Manado, Sulawesi Utara.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas