Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PAN Tanggapi Pernyataan Megawati Soal 'Gue Mainin Dulu' Sebelum Putuskan Sikap Politik

Ketua DPP PAN, Saleh Daulay mengatakan bahwa pernyataan itu merupakan salah satu klue terkait sikap politik dari PDIP.

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in PAN Tanggapi Pernyataan Megawati Soal 'Gue Mainin Dulu' Sebelum Putuskan Sikap Politik
Tribunnews.com/ Igman Ibrahim
Ketua DPP PAN, Saleh Daulay saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pernyataan Ketum PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri soal 'gue mainin dulu' sebelum memutuskan sikap politik dalam pemerintahan Prabowo-Gibran menjadi sorotan. PAN pun memberikan tanggapan terkait hal tersebut.

Ketua DPP PAN, Saleh Daulay mengatakan bahwa pernyataan itu merupakan salah satu klue terkait sikap politik dari PDIP. Namun, ia pun menghormati apapun keputusan dari partai berlambang banteng tersebut.

"Kalau saya itu melihat apakah nanti PDI Perjuangan masuk sebagai bagian dari pemerintah atau di luar mengambil jarak dalam konteks balancing power of goverment kekuatan penyeimbang dari pemerintah itu sebetulnya sama. Mulianya itu sama," kata Saleh saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (27/5/2024).

Saleh pun berharap apapun yang nantinya menjadi keputusan PDIP merupakan terbaik. Jika keputusan gabung pemerintahan, maka akan memperkuat barisan pemerintahan Prabowo-Gibran.

Sementata itu, kata Saleh, jika nantinya mereka mengambil sikap oposisi di luar pemerintahan, maka PDIP akan ikut mengontrol program pembangunan dari luar.

"Sekali lagi juga perlu ditegaskan apabila partai-partai ada di dalam kabinet dan juga ada di luar kabinet, bukan berarti partai-partai yang ada di dalam kabinet tidak bisa mengkritik, selama ini kita juga di DPR kalau ada di kebijakan pemerintah yang kita anggap tidak sesuai dengan aspirasi dan keinginan masyarakat, kita juga ikut mengkritik," pungkasnya.

BERITA TERKAIT

Diberitakan sebelumnya, Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri, mengungkapkan alasan partainya belum memutuskan apakah bergabung dalam Pemerintahan Prabowo Subianto atau tidak.

Hal ini disampaikan Megawati dalam pidato politik penutupan Rakernas V PDIP di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta, Minggu (26/5/2024).

Megawati mengatakan sikap PDIP didasarkan pada pemikiran mana yang akan membawa bangsa Indonesia menjadi lebih baik, berdaulat, dan berdiri di atas kaki sendiri. 

"Itulah landsan pilihan sikap. Sikap. Sikap politk kita. Makanya kalau enggak ada yang ikut, enggak disiplin sudah tahu toh ibu mau ngapain," kata Megawati di lokasi.

Dia menjelaskan sikap partai harus dihitung secara politik. 

"Kalau menit ini saya ngomong kan harus dihitung secara politik lho," ujar Megawati lalu para kader pun bertepuk tangan.

Megawati mengaku sempat membaca berita mengenai sikap PDIP akan diumumkan dalam Rakernas V. 

"Tadi pagi saya baca Kompas, Rakernas akan menentukan sikap bla bla, aku sambil sarapan. Aku bilang, enak aja iya dong. Gue mainin dulu dong," ucapnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas