Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mengenang Lagi Momen Paus Fransiskus Bernyanyi Che Sara dengan para Wartawan dari Indonesia 

Mengenang lagi momen Paus Fransiskus bersama Paguyuban Wartawan Katolik Indonesia (PWKI) nyanyi bersama lagu Che Sara di depan Basilica St. Petrus.

Editor: Theresia Felisiani

TRIBUNNEWS.COM, VATIKAN - Che sarà, che sarà, che sarà
Che sarà della mia vita chi lo sa?
So far tutto o forse niente, da domani si vedrà
E sarà, sarà quel che sarà

Lagu ini dilantunkan Paus Fransiskus bersama para wartawan dari Indonesia yang tergabung dalam Paguyuban Wartawan Katolik Indonesia (PWKI).

Peristiwa ini terjadi pada 16 November 2022, ketika paguyuban itu bertemu dengan Paus Fransiskus di depan Basilica St. Petrus.

Paguyuban wartawan ini memilih lagu„Che Sara” untuk dinyanyikan di hadapan Paus Fransiskus.

Lagu yang dipopulerkan Jose Feliciano pada tahun 1970an ini memang sengaja dipilih sebelum keberangkatan ke Vatikan.

Lagu itu dinyanyikan atas usul AM Putut Prabantoro (pendiri PWKI). Menurut Putut Prabantoro, bagi orang Italia, Che Sara seperti lagu wajib – karena sangat popular. Orang Italia pasti tahu lagu ini.

Dua hari sebelum bertemu Paus Fransiskus, delegasi PWKI berlatih menyanyikan lagu tersebut. Dan, satu anggota delegasi yang memiliki suara merdu diminta untuk menjadi lead vocal. Namanya Yupentius Ivie, wartawan dari RuaiTV, Pontianak.

BERITA TERKAIT

Pada saat audiensi, ketika Paus Fransiskus menghampiri dari atas podium, rombongan wartawan tersebut segera menyanyi Che Sara untuk bagian refrainnya.

Dan ketika mendengar lagu Che Sara, sambil menghampiri (dengan menggunakan kursi roda), Paus Fransiskus ikut bernyanyi sambil melambaikan tangan. Luar Biasa !

Hanya saja lagu Che Sara terhenti ketika memasuki bait yang harus dinyanyikan oleh lead vocal.

Yupentius Ivie mendadak kelu lidah dan kehilangan suara akibat rasa bahagia dan haru yang membubung dapat bertemu Paus.

Akhirnya refrain lagu Che Sara dinyanyikan berulang-ulang. Romo Markus Solo Kewuta SVD yang waktu itu hadir sebagai penerjemah dan Liaison Officer menjadi saksi kegembiraan PWKI.

Paguyuban Wartawan Katolik Indonesia (PWKI) melakukan audiensi umum dengan Paus Fransiskus di Basilica St, Petrus, Vatikan, Rabu (16/11/2011).
Paguyuban Wartawan Katolik Indonesia (PWKI) melakukan audiensi umum dengan Paus Fransiskus di Basilica St, Petrus, Vatikan, Rabu (16/11/2011). (Dokumentasi PWKI)

Lagu Che Sara selalu menggugah mereka yang mendengarkan untuk bernyanyi. Pada Juni tahun 2020, PWKI berkunjung ke biara Salerno dan Minori, dua kota yang terletak di Pantai di Italia Selatan.

Ketika lagu ini dinyanyikan secara instrumentalis, ruangan yang tadinya kosong didatangi para biarawati Italia yang usia lanjut. Sekalipun terbata-bata, mereka menyanyikan lagu Che Sara… sambil tersenyum.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas