Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

VIDEO WAWANCARA EKSKLUSIF Saat Mgr Pius Datubara Kenang Kedatangan Paus Yohanes Paulus II ke Medan

Wajahnya bersinar dan penuh kegembiraan. Pada saat itu, banyak orang berkumpul di Medan, seluruh Sumatera bahkan ada yang dari Jawa juga.

Editor: Srihandriatmo Malau
zoom-in VIDEO WAWANCARA EKSKLUSIF Saat Mgr Pius Datubara Kenang Kedatangan Paus Yohanes Paulus II ke Medan
TRIBUN MEDAN
Uskup Emeritus Keuskupan Agung Medan, Mgr Alfred Gonti Pius Datubara OFM. Cap, bercerita tentang kenangan kunjungan Paus Yohanes Paulus II ke Medan pada 13 Oktober 1989 silam, saat ditemui di Keuskupan Agung Medan, Jl Hayam Wuruk, Kota Medan, pekan lalu. 

TRIBUNNEWS.COM, MEDAN - Pemimpin tertinggi Gereja Katolik, Paus Fransiskus akan melakukan perjalanan apostolik ke sejumlah negara di kawasan Asia Pasifik, mulai dari Indonesia hingga Timor Leste.

Rencananya, Indonesia akan menjadi negara pertama yang dikunjungi Paus Fransiskus pada 3 hingga 6 September 2024.

Paus Fransiskus akan tercatat sebagai Paus ketiga yang datang ke Indonesia.

Dua Paus sebelumnya yakni Paus Paulus VI (3 Desember 1970) dan Paus Yohanes Paulus II (8-14 Oktober 1989).

Paus Yohanes Paulus II bahkan sempat berkunjung ke Medan sekitar 35 tahun silam, tepatnya pada 13 Oktober 1989.

Kedatangan Paus Yohanes Paulus II menjadi kenangan tak terlupakan bagi banyak orang, terutama Mgr Alfred Gonti Pius Datubara, OFM Cap.

Pada saat itu, Opung Pius Datubara, demikian sapaannya, merupakan Uskup Gereja Katolik Roma untuk Keuskupan Agung Medan (KAM).

BERITA TERKAIT

Opung Pius Datubara pun turut menceritakan kesaksiannya ketika bertemu langsung dengan Paus Yohanes Paulus II di Lapangan Tuntungan.

Paus Fransiskus melambaikan tangan saat ia meninggalkan audiensi umum mingguan pada tanggal 1 Mei 2024 di aula Paulus-VI di Vatikan. Berdasarkan informasi resmi dari situs Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, Indonesia.  Paus Fransiskus akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia, pada tanggal 3 - 6 September 2024. Merupakan negara pertama dalam rangkaian kunjungan Paus Fransiskus ke kawasan Asia Pasifik. (Andreas SOLARO/AFP)
Paus Fransiskus melambaikan tangan saat ia meninggalkan audiensi umum mingguan pada tanggal 1 Mei 2024 di aula Paulus-VI di Vatikan. Berdasarkan informasi resmi dari situs Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, Indonesia. Paus Fransiskus akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia, pada tanggal 3 - 6 September 2024. Merupakan negara pertama dalam rangkaian kunjungan Paus Fransiskus ke kawasan Asia Pasifik. (Andreas SOLARO/AFP) (AFP/ANDREAS SOLARO)

"Wajahnya bersinar dan penuh kegembiraan. Pada saat itu, banyak orang berkumpul di Medan, seluruh Sumatra bahkan ada yang dari Jawa juga," ucap uskup berdarah Batak tersebut.

Di usianya yang sudah genap 90 tahun, pendengaran dan daya ingat dari Opung Pius Datubara kian menurun.

Namun ia tetap berusaha mengingat rangkaian demi rangkaian acara krusial 35 tahun yang lalu.

Berikut petikan wawancaranya dengan Tribun Medan (Tribun Network):

Apa saja kegiatan yang dilakukan Paus Yohanes Paulus II ketika berkunjung ke Medan?

Melakukan Misa. Banyak sekali massa yang hadir. Ada yang mengatakan 250.000 orang, ada pula yang mengatakan 150.000 orang. Tapi jumlah pastinya tidak diketahui saking banyaknya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas