Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Polda Sumbar Tunjukan Bukti Pelaku Tawuran, Pihak Afif Maulana Sebut untuk Mengaburkan Kasus

Terkait hal itu, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Padang selaku kuasa hukum keluarga Afif menyebut foto tersebut bukan saat peristiwa tewasnya Afif Maulana

Penulis: Abdi Ryanda Shakti
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Polda Sumbar Tunjukan Bukti Pelaku Tawuran, Pihak Afif Maulana Sebut untuk Mengaburkan Kasus
Kolase Tribunnews/Instagram @humaspoldasumbar
Temuan jasad siswa SMP, Afif Maulana (13) di bawah jembatan Batang Kuranji, Padang, Minggu (9/6/2024), yang diduga akibat dianiaya sejumah polisi karena pelaku tawuran kiri). Namun, Kapolda Sumatera Barat Irjen Suharyono membantah hal itu dengan menunjukkan foto remaja diduga Afif Maulana memegang pedang (kanan-tengah).  

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdi Ryanda Shakti

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polda Sumatera Barat (Sumbar) memastikan jika Afif Maulana (13), siswa SMP yang tewas di Padang, Sumbar merupakan pelaku tawuran yang melompat ke sungai untuk menghindar dari tangkapan polisi yang tengah patroli.

Bahkan, Kapolda Sumatera Barat Irjen Suharyono menunjukan bukti foto seorang pria yang disebut Afif Maulana yang tengah memegang pedang panjang.

Terkait hal itu, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Padang selaku kuasa hukum keluarga Afif menyebut foto tersebut bukan saat peristiwa tewasnya Afif Maulana terjadi.

"Kami masih mendalami foto tersebut karena Hp Afif kan sama polisi. Informasi awal foto itu bukan saat kejadian," kata Direktur LBH Padang, Indira Suryani saat dihubungi, Sabtu (6/7/2024).

Baca juga: Video Ketua RT Pasren Ternyata Paman Terpidana Kasus Vina, Tega Jebloskan Saudara ke Penjara

Sementara itu, Koordinator Advokasi LBH Padang, Diki Rafiqi mengatakan jika tidak ada hubungannya soal Polda Sumbar yang mengantongi foto dengan peristiwa tewasnya Afif.

Diki mengatakan, pihak kepolisian saat ini tengah berupaya mengaburkan kasus yang sebenarnya terjadi.

BERITA REKOMENDASI

"Dalam hal ini nggak ada hubungan jika Polda sudah mengantongi video dan foto menurut saya nggak ada hubungannya. ini hanya mengaburkan kasus yang sebenarnya," ucapnya.

Diki menyebut perosalan yang terjadi yakni soal penegakkan hukum yang dilakukan diduga terjadi penyiksaan.

"Di mana persoalan hari ini cara penegakan hukum yang dilakukan oleh Polda Sumbar, di mana terkait penyiksaannya," tutur Diki.

Sebelumnya, Polda Sumatera Barat (Sumbar) membantah jika siswa SMP di Kota Padang, Sumbar bernama Afif Maulana (13) tewas akibat disiksa oleh polisi.

Afif Maulana disebut merupakan pelaku tawuran saat itu dan tewas karena melompat dari Jembatan Kuranji ke sungai saat menghindari patroli polisi untuk mencegah tawuran remaja.

Keterlibatan Afif Maulana menjadi pelaku tawuran diperkuat dengan adanya foto yang diduga Afif tengah memegang sebuah senjata tajam jenis pedang berukuran besar.

Baca juga: Disebut Kapolda Sumbar Pelaku Tawuran, Ini Penampakan Diduga Afif Maulana Berpose Pegang Pedang

Dalam foto yang yang diterima, terlihat sosok yang disebut sebagai Afif itu mengenakan jaket kuning dengan celana pendek hitam.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas