Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Viral Casis Akpol Polda NTT Banyak dari Wilayah Lain, Kapolda: Saya Tidak Bisa Intervensi Hasil

Terkai itu, Kapolda NTT Irjen Daniel Tahi Monang Silitonga buka suara soal unggahan yang viral tersebut. Menurutnya, penerimaan siswa Akpol, Bintara

Penulis: Abdi Ryanda Shakti
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Viral Casis Akpol Polda NTT Banyak dari Wilayah Lain, Kapolda: Saya Tidak Bisa Intervensi Hasil
Tribun Jateng/Hermawan Handaka
Ratusan calon Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) dari berbagai daerah di Indonesia terlihat bahagia setelah lolos mengikuti tes untuk menjadi Taruna akpol di Gedung Cendekia, Semarang. Jumat (27/7). (Tribun Jateng/Hermawan Handaka) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdi Ryanda Shakti 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebuah unggahan viral di media sosial yang memperlihatkan sebuah daftar nama yang disebut merupakan calon siswa (casis) Akpol dari Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) yang telah lulus.

Dari unggahan akun TikTok @laurensiuslebatuk tersebut, terlihat ada 11 nama casis Akpol dari Polda NTT yang sudah lulus dan disebut akan dikirim ke Mabes Polri.

Namun, nama-nama tersebut disorot netizen lantaran dianggap mayoritas bukan putra asli NTT melainkan disebut bermarga Batak.

Adapun 11 casis Akpol itu bernama Yudhina Nasywa Olivia (Wanita), Arvid Theodore Situmeang, Reynold Arjuna Hutabarian, Mario Christian Bernalo Tafui.

Selanjutnya Bintang Lijaya, Ketut Arya Adityanatha, Brian Lee Sebastian Manurung, Timothy Abisai Silitonga, Muhammad Rizq Sanika Marzuki, Madison Juan Raphael Karna Silalahi dan Lucky Nuralamsyah.

Baca juga: Viral Polantas Pungli Uang Receh ke Sopir Pikap di Tol Halim, Kombes Latif Usman Minta Maaf

Terkai itu, Kapolda NTT Irjen Daniel Tahi Monang Silitonga buka suara soal unggahan yang viral tersebut. Menurutnya, penerimaan siswa Akpol, Bintara hingga  amtama Polri sudah melalui mekanisme yang berlaku.

BERITA REKOMENDASI

"Saya selaku Kapolda tidak bisa intervensi atau mempengaruhi hasil yang di laksanakan oleh Panitia yang diawasi oleh Internal Polri maupun pengawas eksternal dari masyarakat, perwakilan orang tua dan akademisi," kata Daniel saat dihubungi, Sabtu (6/7/2024).

Terpisah, Kabid Humas Polda NTT Kombes Ariasandy mengatakan proses rekrutmen dilakukan secara terbuka dan transparan.

"Sehingga lulusan SMA/SMK yang memenuhi syarat bisa mendaftar ke Polres. Proses seleksi administrasi dilakukan secara berjenjang di tingkat Polres dan Panda Polda NTT," ucapnya.

Selain itu, lanjut Ariasandy, selama proses rekrutmen bergulir, pengawasan ketat juga dilakukan baik dari internal maupun eksternal Polri.

"Selama pelaksanaan proses, semua tahapan diawasi secara ketat oleh pengawas internal (Itwasda dan Propam) serta pengawas eksternal dari berbagai kalangan seperti IDI, Himpsi, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Jurnalis, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pemuda dan Olahraga, LLDikti, Bidang Meteorologi," tuturnya.

Baca juga: Dinding Turap Tol JORR di Bintaro Ambruk Tak Kuat Tahan Luapan Air Hujan

Dia menyebut setiap tahapan tes dilakukan secara transparan dengan sistem one day service di mana hasilnya hari itu langsung diumumkan.

"Ujian psikologi dan akademik dilakukan menggunakan sistem CAT menggunakan fasilitas laboratorium komputer di sejumlah sekolah di Kota Kupang," ucapnya.

Lalu, Ariasandy menyebut panitia pun tidak bisa mengubah hasil perolehan nilai karena sudah diolah dalam sistem dan peserta pun sudah mengetahui nilai setiap selesai tahapan pendaftaran.

"Seluruh hasil tes langsung ditayangkan dan ditanda tangani peserta serta pengawas. Setiap habis pelaksanaan tes, peserta juga dipersilahkan mengisi survei kepuasan yang dilakukan secara terbuka," ungkapnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas