Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

IKA ITS Didorong Perkuat Kolaborasi dan Jaringan Demi Kepentingan Nasional

Pengurus Ikatan Alumni Teknik Lingkungan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (IKATL ITS) kembali menggelar diskusi bertema 'Cangkrukan Bareng'. 

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Wahyu Aji
zoom-in IKA ITS Didorong Perkuat Kolaborasi dan Jaringan Demi Kepentingan Nasional
ist
Pengurus Ikatan Alumni Teknik Lingkungan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (IKATL ITS) menggelar diskusi bertema 'Cangkrukan Bareng'. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengurus Ikatan Alumni Teknik Lingkungan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (IKATL ITS) kembali menggelar diskusi bertema 'Cangkrukan Bareng'. 

Dua tokoh Ikatan Alumni ITS (IKA ITS) hadir, yakni Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto dan Direktur PT Pembangunan Jaya Sutopo Kristanto.

Adapun tema diskusi dalam Cangkrukan Bareng kali ini membahas kepemimpinan membangun organisasi yang agile, mandiri, dan bermanfaat.

Dalam pembahasan tersebut juga dibahas terkait kolaborasi dan upaya memperkuat jaringan antar alumni ITS jelang penyelenggaran Kongres IKA ITS pada 9 sampai 10 Agustus 2024 mendatang. 

Dwi Soetjipto dalam acara tersebut mendorong agar dalam penyelenggaran kongres IKA ITS tidak hanya mengutamakan pergantian kepemimpinan.

Dia meminta ikatan alumni ITS juga membahas berbagai pemikiran untuk pemerintahan ke depan.

"Kongres yang akan datang, jangan lupa ada sesi mengenai apa yang bisa kita sampaikan kepada pemerintahan yang baru nanti untuk Indonesia menghadapi era emas 2045 nanti," kata Dwi dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (11/7/2024).

BERITA TERKAIT

Mantan ketua umum IKA ITS tersebut juga mengingatkan pentingnya mengutamakan persatuan dalam persaingan. Dengan cara itu, dia meyakini akan melahirkan kolaborasi sekaligus memperkuat jaringan antar alumni ITS.

"Dengan kontribusi yang kita hasilkan, nantinya dipakai untuk melahirkan invetasi yang lebih baik bagi negara ini dan membangun industrinya. Sehingga kita bisa menunjukkan kapasitas nasional cukup dan tidak harus kita mendatangkan dari pihak lain," ujar Dwi.

Ketua Umum IKA ITS Sutopo dalam diskusi membanggakan posisi ikatan alumi ITS saat ini cukup membanggakan. Kondisi ini dikarenakan IKA ITS terpilih sebagai ketua presidium Perhimpunan Organisasi Alumni Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (Himpuni).

Meski begitu, Sutopo memiliki catatan kritis terkait peran banyak alumni ITS yang selama ini dirasa belum berani menggairahkan dunia politik nasional.

Sejauh ini hanya sosok Menteri Sosial Tri Rismaharini yang berada pada posisi pengambil kebijakan nasional.

"Karena standing politik itu penting. Jadi kita telah banyak tokoh-tokoh dari ITS yang bergerak di segala bidang, tapi dalam sisi yang memengaruhi kebijakan masih kurang," tutur Sutopo.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum IKATL ITS Darmawan Pramana, mengapresiasi kehadiran para tokoh IKA ITS. Diakui dalam diskusi ini, banyak hal menarik yang dihasilkan dari pemikiran kedua tokoh termasuk membuat badan hukum agar IKATL ITS bisa berbisnis dan mampu membiayai tiap kegiatannya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas