Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PBNU Bakal Panggil 5 Nahdliyin yang Bertemu Presiden Israel Isaac Herzog Hari Ini

PBNU bakal memanggil lima nahdliyin yang bertemu dengan Presiden Israel, Isaac Herzog pada hari ini, Selasa (16/7/2024).

Penulis: Yohanes Liestyo Poerwoto
Editor: Whiesa Daniswara
zoom-in PBNU Bakal Panggil 5 Nahdliyin yang Bertemu Presiden Israel Isaac Herzog Hari Ini
Ist
PBNU bakal memanggil lima nahdliyin yang bertemu dengan Presiden Israel, Isaac Herzog pada hari ini, Selasa (16/7/2024). 

TRIBUNNEWS.COM - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) bakal memanggil lima Nahdliyin yang bertemu dengan Presiden Israel, Isaac Herzog hari ini, Selasa (16/7/2024).

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBNU, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul.

Selain itu, Gus Ipul menuturkan PBNU juga bakal memanggil pimpinan badan otonom (banom) yang menjadi tempat bernaung kelima nahdliyin tersebut.

Adapun pertemuan tersebut, katanya, akan turut dihadiri oleh Ketua Umum PBNU, Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya.

"Rencananya akan diadakan pertemuan antara Ketua Umum (PBNU) dan sejumlah pengurus, dengan yang bersangkutan dan didampingi oleh pimpinan badan otonom di mana mereka mengabdi," kata Gus Ipul dikutip dari YouTube iNews, Selasa (16/7/2024).

Setelah itu, Gus Ipul menuturkan bahwa Gus Yahya akan menggelar konferensi pers terkait pertemuan tersebut pada Selasa siang pukul 14.00 WIB.

"Rencananya besok (hari ini) akan ada rilis jam 2 di PBNU. Nanti InsyaAllah, akan disampaikan langsung oleh Ketua Umum," katanya.

BERITA TERKAIT

Sebelumnya, Gus Ipul mengungkapkan bahwa pertemuan kelima Nahdliyin dengan Isaac Herzog bukanlah mandat dari PBNU.

"Kelima orang tersebut tidak mendapat mandat PBNU. Juga tidak pernah meminta izin ke PBNU,” kata Gus Ipul pada Senin (15/7/2024) dikutip dari Kompas.com.

Menurut Gus Ipul, kepergian lima orang ini ke Israel adalah tindakan yang sangat tidak bijaksana di tengah situasi yang memanas antara Israel dan Palestina.

Padahal, kata Gus Upul, NU sebagai organisasi berada di barisan depan mengutuk serangan terus menerus yang dilakukan Israel.

Baca juga: Respons PBNU, Muhammadiyah, dan MUI soal 5 Aktivis NU Temui Presiden Israel Isaac Herzog

“Kunjungan itu juga melukai perasaan kita semua,” tandasnya.

Pertemuan Bahas Konflik Hamas-Israel dan Hubungan Indonesia-Israel

Sebelumnya, salah satu Nahdliyin yang ikut bertemu dengan Isaac Herzog, Zainul Maarif membeberkan maksud pertemuan dengan Presiden Israel tersebut.

Hal itu disampaikannya dalam unggahan foto dirinya bersama dengan aktivis NU lainnya dan Isaac Herzog di akun Instagram pribadi, @zenmaarif.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas