Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Terima 525 Pendaftar Capim dan Dewas KPK, Pansel Lakukan Verifikasi Dokumen hingga 24 Juli 2024

Tahap verifikasi domuken para pendaftar Capim dan Dewas KPK dilakukan selama kurang lebih satu pekan, diumumkan pada 24 Juli 2024.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Terima 525 Pendaftar Capim dan Dewas KPK, Pansel Lakukan Verifikasi Dokumen hingga 24 Juli 2024
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto bersama Anggota Pansel Kompolnas mengumumkan sembilan nama Panitia Seleksi (Pansel) Calon Anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) periode 2024–2028 saat konferensi pers di Jakarta, Jumat (21/6/2024). Presiden RI Joko Widodo menunjuk Riz Hermawan Sulistyo sebagai ketua Pansel merangkap anggota, Komjen Pol. Ahmad Dofiri sebagai wakil ketua merangkap anggota, Yenti Garnasih sebagai sekretaris merangkap anggota, serta Irjen Pol. (Purn) Carlo Brix Tewu, Irjen Pol. (Purn) Bekto Suprapto, Edi Saputra Hasibuan, Nur Kholis, Alfito Deannova Ginting dan Deputi Bidang Koordinasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat, Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan sebagai anggota. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Panitia Seleksi (Pansel) akan melakukan tahapan verifikasi dari dokumen para peserta yang mendaftar Calon Pimpinan (Capim) dan Calon Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Wakil Ketua Pansel KPK Arif Satria mengatakan, bahwa tahap verifikasi domuken para pendaftar dilakukan selama kurang lebih satu pekan.

Dimana, nantinya peserta yang lolos tahap verifikasi administrasi akan diumumkan pada 24 Juli 2024, mendatang.

"Kami akan melakukan verifikasi atas dokumen yang telah di unggah dan akan mengumumkan hasilnya pada 24 Juli 2024 melalui aplikasi Apel dan halaman KPK.go.id dan Sekneg.go.id," kata Arif Satria melalui tayangan video yang dibagikan ke Tribunnews, Selasa (16/7/2024).

Arif menjelaskan, sejak pembukaan pendaftaran dari tanggal 26 Juni 2024 hingga penutupan 15 Juli 2024, pukul 23.59 WIB, total pendaftar sebanyak 525 orang.

Dari total 525 orang tersebut, Arif pun merinci pendaftar Calom Pimpinan KPK. Yakni, ada 318 orang yang mendaftar.

"Dengan rincian jumlah pendaftar Capim sebanyak 318 orang, terdiri dari 298 laki-laki dan 20 perempuan," ujarnya.

Baca juga: Langkah Awal Memperbaiki KPK, Pansel Diminta Tak Loloskan Calon Pimpinan dan Calon Dewas Bermasalah

BERITA TERKAIT

Sementara itu, untuk pendaftar sebagai Calon Dewas KPK sebanyak 207 orang, yang terdiri dari 184 laki-laki dan 23 perempuan.

"Kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi masyarakat Indonesia dalam seleksi ini," ungkapnya.

Arif melanjutkan, usai tahap verifikasi dokumen, Pansel KPK menerima masukan serta tanggapan dari masyarakat terhadap calon-calon yang lolos tahap administrasi.

"Masukan dan tanggapan itu dapat disampaikan melalui aplikasi Aple dan email Pansel KPK," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas