Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rekam Jejak Kombes Surawan yang Diisukan Tak Akur dengan Kapolda Jabar, Pernah Disorot Susno Duadji

Ia menjadi sorotan publik lantaran diisukan tidak akur dengan Kapolda Jabar Irjen Pol Akhmad Wiyagus terkait kasus kematian Vina Cirebon.

Penulis: Malvyandie Haryadi
zoom-in Rekam Jejak Kombes Surawan yang Diisukan Tak Akur dengan Kapolda Jabar, Pernah Disorot Susno Duadji
Kolase Tribunnews
Kolase foto kiri ke kanan: Susno Duadji, Surawan, dan Akhmad Wiyagus. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Berikut ini sosok sekaligus rekam jejak Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Jawa Barat (Jabar) Kombes Surawan.

Perwira menengah Polri itu tengah menjadi sorotan publik lantaran diisukan tidak akur dengan Kapolda Jabar Irjen Pol Akhmad Wiyagus terkait kasus kematian Vina Cirebon.

Kombes surawan juga sempat menjadi perbincangan publik setelah Pengadilan Negeri Bandung mengabulkan gugatan praperadilan Pegi Setiawan dalam kasus pembunuhan Vina dan Eki di Cirebon, Jawa Barat.




Lahir di Tuban, Jawa Timur pada 4 Mei 1974, Kombes Surawan telah menjabat sebagai Dirreskrimum Polda Jabar sejak Juni 2023.

Surawan adalah lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1995 yang berpengalaman di bidang reserse.

Rekan satu angkatannya di antaranya adalah Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Jules Abraham Abast; Kadiv Humas Polri, Irjen Sandi Nugroho; hingga Wakapolda Banten, Brigjen Hengki.

Sederet pendidikan kepolisian yang pernah ditempuhnya antara lain adalah Perguruan Tinggil Ilmu Kepolisian (PTIK) dan Sekolah Staf dan Pimpinan (Sespim) Lemdiklat Polri.

BERITA TERKAIT

Berbagai jabatan strategis di Korps Bhayangkara sudah pernah ia emban.

Surawan tercatat pernah mengemban jabatan sebagai Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Bantul pada tahun 2013 hingga 2015.

Kariernya makin meroket setelah didapuk sebagai Wakapolres Metro Jakarta Selatan pada 2015.

Satu tahun kemudian, ia dipercaya untuk mengisi kursi jabatan sebagai Dirreskrimum Polda Riau. Setelah itu, ia dimutasi ke Lemdiklat Polri.

Surawan juga sempat menjabat sebagai Penyidik Madya Unit V Dit II/Eksus Bareskrim Polri, Analis Kebijakan Madya Bidang Pidum Bareskrim Polri, dan Penyidik Utama Tk. II Rowassidik Bareskrim Polri (2020).

Pada tahun 2022, Kombes Surawan kemudian diamanahkan untuk menduduki posisi sebagai Dirreskrimum Polda Bali.

Barulah pada 2023, ia diangkat sebagai Dirkrimum Polda Jabar.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas