Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Keponakan dan Eks Aspri Prabowo Jadi Wamen, Janji Lanjutkan Program Food Estate

Sudaryono mendapatkan kabar terkait dengan jabatan barunya itu pada Rabu (17/7) sore dari Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

Editor: Erik S
zoom-in Keponakan dan Eks Aspri Prabowo Jadi Wamen, Janji Lanjutkan Program Food Estate
Tribunnews.com/Taufik Ismail
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Thomas Djiwandono sebagai Wakil Menteri Keuangan II, Sudaryono sebagai Wakil Menteri Pertanian dan Yuliot Tanjung sebagai wakil Wenteri Investasi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (18/7/2024).  

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik tiga wakil menteri (wamen) baru pada Kamis (18/7) kemarin.

Ketiganya adalah Thomas Djiwandono sebagai Wakil Menteri Keuangan II, Sudaryono sebagai Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), dan Yuliot Tanjung sebagai Wakil Menteri Investasi.

Dari tiga Wamen baru itu, dua di antaranya adalah orang dekat presiden terpilih Prabowo Subianto. Thomas adakah keponakan Prabowo Subianto. Saat ini ia juga menjabat sebagai Bendahara Umum Partai Gerindra.

Baca juga: Wakil Menteri Keuangan Ada Dua, Pratikno: Tidak Ada Sesuatu yang Baru




Sedangkan Sudaryono merupakan asisten pribadi Prabowo Subianto sejak 2010. Sudaryono diangkat sebagai Wamentan menggantikan Harvick Hasnul Qolbi.

Sebelum masuk pemerintahan, Sudaryono aktif di berbagai organisasi dan bisnis. Beberapa jabatan yang pernah ia duduki adalah Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI), Ketua Dewan Pembina DPP Pedagang Pejuang Indonesia Raya (PAPERA), CEO Garuda TV, hingga CEO PT Indonesian Defense and Security Technologies.

Ditemui sebelum pelantikan di Istana Negara, Sudaryono menceritakan bagaimana awal ia dihubungi oleh pihak Istana diangkat menjadi Wamen Pertanian.

Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah itu menyebut dirinya mendapatkan kabar terkait dengan jabatan barunya itu pada Rabu (17/7) sore dari Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

BERITA TERKAIT

Saat itu kata Sudaryono, dia tidak diberi tahu terkait dengan jabatan barunya itu.

"Ya telepon, WhatsApp. Kemarin sore lah sampai malam. Diminta standby," ujarnya kepada wartawan setibanya di Kompleks Istana Kepresidenan.

Belakangan saat mengetahui dirinya mendapat amanah baru sebagai Wamentan, Sudaryono mengucapkan kalimat 'innalillahi. Sudaryono menyebut pertanian dan pangan merupakan hal sentral dan vital terhadap kedaulatan negara.

"Jadi saya sebelum berangkat [mengucapkan] innalillahi wa inna ilaihi rojiun," ucapnya.

Baca juga: Profil 3 Wakil Menteri Baru Dilantik Jokowi Hari Ini: Thomas Djiwandono, Sudaryono, dan Yuliot

Setelah resmi menjadi Wamentan, Sudaryono yang sebelumnya juga masuk radar partainya untuk maju di Pilkada Jawa Tengah, berjanji akan menerukan program food estate atau lumbung pangan yang selama ini menjadi salah satu program pemerintahan Jokowi-Ma'ruf.

Program itu kata dia, juga akan dilanjutkan oleh Presiden terpilih, Prabowo Subianto.

"Oleh karena itu ini tentunya suatu tugas yang tidak ringan, sebagaimana dicanangkan oleh Presiden Jokowi dan sudah dilaksanakan sampai pada hari ini dan tentunya terus dilanjutkan dan ditingkatkan oleh Presiden terpilih kita, Bapak Prabowo Subianto dalam kaitannya kemandirian, ketahanan, kedaulatan pangan bagi bangsa kita," ujarnya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas