Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kowani Berharap Jokowi Canangkan Langsung Hari Kebaya Nasional 2024

Kowani dan komunitas kebaya berharap Presiden Joko Widodo dapat hadir langsung dan mencanangkan Hari Kebaya Nasional (HKN) 2024. 

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Febri Prasetyo
zoom-in Kowani Berharap Jokowi Canangkan Langsung Hari Kebaya Nasional 2024
istimewa
Ketua Umum Kowani Giwo Rubianto Wiyogo (tengah) bersama pengurus menggelar pertemuan silaturahmi dengan komunitas Kebaya di kantor Kowani, Jakarta, Selasa (20/2/24). Kowani dan komunitas kebaya persiapan membahas peringatan Hari Kebaya Nasional pertama pada tanggal 24 Juli 2024 sesuai Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 19 Tahun 2023. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Para perempuan Indonesia yang tergabung dalam Kongres Wanita Indonesia (Kowani) dan komunitas kebaya berharap Presiden Joko Widodo dapat hadir langsung dan mencanangkan Hari Kebaya Nasional (HKN) 2024. 

Pemerintah sebelumnya telah mengeluarkan Keppres No. 19 Tahun 2023 tentang Hari Kebaya Nasional.

"Penetapan tanggal 24 Juli sebagai Hari Kebaya Nasional yang ditetapkan melalui Keppres No. 19 Tahun 2023 merupakan sebuah langkah luar biasa dan menjadi catatan sejarah. Seorang Kepala Negara yang peduli kepada kekayaan budaya Indonesia," ujar Giwo melalui keterangan tertulis, Kamis (18/7/2024).

"Setelah berabad-abad kebaya hidup dalam siklus kehidupan bangsa Indonesia, akhirnya Presiden Joko Widodo yang menetapkan hari khusus untuk merayakan kebaya sebagai salah satu aset budaya bangsa,” tambah Giwo. 

Peringatan Hari Kebaya Nasional (HKN) diselenggarakan untuk pertama kalinya pada 24 Juli mendatang.  Peringatan perdana HKN itu akan diselenggarakan di Istora Senayan, Jakarta.

“Kami sangat berterima kasih atas perhatian yang luar biasa Presiden Joko Widodo sebagai pimpinan negara yang telah menempatkan diri sebagai bagian dari seluruh perempuan Indonesia. Terima kasih Bapak Presiden,” kata Giwo.

BERITA TERKAIT

Kowani merupakan organisasi konfederasi yang menaungi 104 organisasi perempuan dan beranggotakan lebih dari 100 juta perempuan Indonesia.

“Merupakan kebahagiaan bagi kami, para perempuan Indonesia ketika pada pencanangan perdana Hari Kebaya Nasional pada 24 Juli, Bapak Presiden yang akan mencanangkannya," ucap Giwo. 

Pencanangan ini penting sebagai bentuk penguatan terhadap Keppres No. 19 Tahun 2023 tentang Hari Kebaya Nasional

Peringatan Hari Kebaya Nasional tersebut akan dihadiri lebih dari 7.000 perempuan dari seluruh Indonesia. 

Baca juga: Kowani Gelar Hari Kebaya Nasional Pertama 24 Juli di Istora, akan Dihadiri Jokowi & 7.000 Perempuan

"Oleh karena itu, para perempuan sangat mengharapkan kehadiran Bapak Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo di Istora Senayan pada perayaan puncak Hari Kebaya Nasional tanggal 24 Juli 2024,” tutur Giwo. 

“Kehadiran Bapak Presiden kami harapkan akan juga memperkuat eksistensi kebaya itu sendiri yang saat ini masih menanti keputusan UNESCO mengenai penetapannya sebagai warisan budaya dunia tak benda dari Indonesia dan negara-negara serumpun di Asia Tenggara. Keputusan tersebut akan diambil pada bulan Desember mendatang,” kata Masyitoh.

Untuk itu, diperlukan komitmen semua pihak agar kebaya dapat menjadi warisan budaya tak benda oleh UNESCO.

Sejumlah kegiatan juga dilakukan dalam rangkaian Hari Kebaya Nasional, di antaranya lomba berkebaya, parade berkebaya, pameran budaya. 

Lalu Kowani expo, webinar dan talkshow, Webinar bersama UNESCO dan sejumlah lembaga internasional, Kowani Award, hingga Kebaya Goes to Campus. 

Kebaya Goes to Campus diselenggarakan di sejumlah kampus diantaranya Universitas Sahid Jakarta, Universitas Muhammadiyah Jakarta, dan sejumlah kampus lainnya. 

Peringatan HKN 2024 mengusung tema “Lestarikan Budaya dengan Bangga Berkebaya”. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas