Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jelang Vonis, Eks Dirut Jasamarga Jalan Layang Cikampek Minta Dibebaskan dari Kasus Korupsi Tol MBZ

Djoko Dwijono meminta dibebaskan dari perkara dugaan korupsi Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Elevated atau Jalan Layang Mohammed Bin Zayed (MBZ)

Penulis: Ashri Fadilla
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Jelang Vonis, Eks Dirut Jasamarga Jalan Layang Cikampek Minta Dibebaskan dari Kasus Korupsi Tol MBZ
Tribunnews.com/Ashri Fadilla
Empat terdakwa kasus dugaan korupsi jalan tol Jakarta-Cikampek II Elevated atau lebih dikenal Jalan Layang Mohammed Bin Zayed alias Tol MBZ, menjalani sidang pembacaan surat tuntutan dari jaksa, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (10/7/2024). Keempatnya yakni mantan Direktur Utama PT Jasamarga Jalan Layang Cikampek (JJC), Djoko Dwijono; Ketua Panitia Lelang pada JJC, Yudhi Mahyudin; Tenaga Ahli Jembatan pada PT LAPI Ganeshatama Consulting, Tony Budanto Sihite; dan mantan Direktur PT Bukaka Teknik Utama, Sofiah Balfas. Djoko Dwijono meminta dibebaskan dari perkara dugaan korupsi Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Elevated atau lebih dikenal Jalan Layang Mohammed Bin Zayed (MBZ). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mantan Direktur Utama PT Jasamarga Jalan Layang Cikampek (JJC) Djoko Dwijono meminta dibebaskan dari perkara dugaan korupsi Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Elevated atau lebih dikenal Jalan Layang Mohammed Bin Zayed (MBZ).

Permintaan itu disampaikan Djoko dalam duplik atau tanggapan atas replik jaksa penuntut umum yang dibacakan dalam persidangan Selasa (23/7/2024) di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat.

Duplik sendiri merupakan tahap persidangan sebelum dibacakannya putusan atau vonis Majelis Hakim.




"Saya dengan ini sangat berharap dan memohon kepada Majelis Hakim yang kami muliakan, berkenaan untuk menerima jawaban kami atas replik penuntut umum dan memberikan putusan adil dan terbaik untuk saya, yaitu tetap pada seperti pembelaan saya untuk membebaskan saya dari semua tuntutan sebagaimana tertuang dalam tuntutan yang diajukan jaksa penuntut umum," ujar Djoko Dwijono di hadapan Majelis Hakim.

Djoko menyampaikan permintaan bebas karena merasa bahwa proyek pembangunan Jalan Tol MBZ sudah memenuhi persyaratan.

Menurutnya, jalan tol senilai triliunan rupiah itu sudah layak, mulai dari desain hingga operasionalnya.

"Hasil pekerjaan telah sesuai dengan syarat yang telah ditentukan. Jalan tol Jakarta-Cikampek II Elevated sudah memiliki sertifikat laik desain, laik fungsi, serta laik operasi yang dikeluarkan Kementerian PUPR dan juga dipastikan bisa digunakan untuk seluruh golongan kendaraan," kata Djoko.

BERITA TERKAIT

Senada dengan Djoko, tim penasihat hukum juga meminta agar kliennya dibebaskan dalam perkara ini.

Dalam permintaannya, penasihat hukum berargumen adanya pihak lain yang tidak turut dijerat seperti Djoko Dwijono.

Pihak yang dimaksud ialah KSO Waskita Ascet, sebab dalam dakwaan jaksa, disebut turut menerima keuntungan.

"Seandainya terdakwa Djoko Dwijono dianggap memperkaya pihak KSO Waskita Acset, mengapa Dono Parwoto selaku KSO Waskita Acset tidak turut diadili dalam persidangan ini? Ini pertanyaannya tim penasihat hukum, padahal nama Dono Parwoto berulang kali disebutkan dalam surat dakwaan," ujar penasihat hukum Djoko, Supriadi.

Baca juga: Saksi Ahli Sebut Tol Japek MBZ yang Dikorupsi Sempat Diuji Beban Truk Pasir 120 Ton

Untuk informasi, Djoko Dwijono merupakan satu dari empat terdakwa dalam perkara ini.

Tiga terdakwa lainnya ialah: Ketua Panitia Lelang pada JJC, Yudhi Mahyudin; Tenaga Ahli Jembatan pada PT LAPI Ganeshatama Consulting, Tony Budanto Sihite; dan Sofiah Balfas selaku eks Direktur PT Bukaka Teknik Utama.

Dalam perkara ini, para terdakwa telah dituntut penjara empat hingga lima tahun lamanya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas