Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tiba di Turki, Menhan Prabowo Dijadwalkan Temui Presiden Erdogan Perkuat Kerja Sama Bilateral

Menhan Prabowo diagendakan menemui Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, serta Menhan Turki dan Menlu Turki.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Tiba di Turki, Menhan Prabowo Dijadwalkan Temui Presiden Erdogan Perkuat Kerja Sama Bilateral
Biro Humas Setjen Kemhan
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto tiba di Ankara Esenboga International Airport Turki, Senin (29/7/2024) sekira pukul 17.20 waktu setempat. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto tiba di Ankara Esenboga International Airport Turki, Senin (29/7/2024) sekira pukul 17.20 waktu setempat.

Prabowo disambut Mantan PM Turki Mr Binali Yildirim, Menhan Turki Sn Yasar Guler, Dubes RI di Turki Ahmad Rizal Purnama dan Athan RI di Ankara Kolonel Kav Mohammad Amir Ali Akbar.

"Dalam kunjungan resmi ini Menhan Prabowo diagendakan akan menemui Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, serta Menhan Turki dan Menlu Turki dalam rangka memperkuat hubungan dan kerja sama bilateral antara kedua negara," kata keterangan resmi Biro Humas Setjen Kemhan, Selasa (30/7/2024).

"Pertemuan ini menjadi momen penting bagi kedua negara dalam membina hubungan erat antara Indonesia dan Turki ke depan, di mana kedua pihak berkomitmen untuk terus meningkatkan kerja sama pertahanan dan bidang strategis lain untuk kepentingan bersama," ujarnya.

Baca juga: Gelar Ekshibisi di Paris, Tekad Prabowo Bawa Pencak Silat Lebih Mendunia dan Masuk Olimpiade

Tercatat, keduanya juga sempat membahas potensi dan perluasan kerja sama melalui sambungan telepon pada Senin (8/4/2024) lalu.

Keduanya juga turut membahas situasi Palestina dalam sambungan telepon tersebut.

BERITA REKOMENDASI

Selain itu, pada akhir tahun 2019 lalu Prabowo juga menemui Erdogan di Kompleks Presiden Ankara, Turki.

Sebelumnya, Prabowo yang juga merupakan Presiden terpilih RI periode 2024 - 2029 itu menemui dua pemimpin negara lainnya dalam lawatannya ke luar negeri sejak pekan lalu.

Pada Senin (29/7/2024) Prabowo melakukan kunjungan kerja ke Serbia dan melakukan pertemuan dengan Presiden Republik Serbia, H.E. Mr. Aleksandar Vučić.

Dalam pertemuan tersebut, keduanya membahas peluang peningkatan kerja sama baik di sektor pertahanan, politik, maupun ekonomi.

Kemudian pada Rabu (24/7/2024) pekan lalu, ia menemui Presiden Prancis H.E. Mr. Emmanuel Macron, di Istana Elysee Prancis.

Dalam pertemuan tersebut keduanya membahas kerja sama pertahanan hingga isu-isu keamanan global yang menjadi perhatian bersama.

Baca juga: Rencana Pemerintahan Erdogan Berantas Anjing Liar

Selain itu, dalam lawatannya ke Prancis Prabowo juga sempat menemui sejumlah pimpinan perusahaan di Prancis, Presiden International Olympic Comittee Thomas Bach, dan Presiden FIFA Gianni Infantino.

Prabowo juga sempat menghadiri pembukaan Olimpiade Paris 2024 untuk memberi semangat kepada kontingen Indonesia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas